31.9 C
Jakarta
Tuesday, April 30, 2024

Paus Fransiskus Mengatakan Indonesia Sebagai tempat di Mana Banyak Panggilan

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. IST

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan bahwa di tengah krisis panggilan, Indonesia adalah tempat di mana panggilan masih ada. Hal ini diungkapkan Paus saat memimpin Misa Pesta Pesta Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah pada 2 Februari 2022, yang juga menandai Hari Doa Sedunia untuk Hidup Bakti.

    “Ada krisis, ya bukalah hati. Kurang panggilan, pergilah Ke pulau pulau di Indonesia utk menemukan seseorang di sana,” demikian kata Paus dalam Kotbahnya kemarin.

    Pada Pesta Yesus dipersembahkan dalam Bait Allah itu, Paus mengenang dua orang tua, Simeon dan Anna yang sedang menunggu di Bait Suci, “penggenapan janji yang Tuhan buat kepada umat-Nya: kedatangan Mesias.” Paus Fransiskus mencatat bahwa Simeon digerakkan oleh Roh; “kemudian dia melihat keselamatan di dalam Kanak-kanak Yesus dan akhirnya dia membawanya ke dalam pelukannya.” Paus kemudian mempertimbangkan ketiga tindakan ini dengan melihat terlebih dahulu apa yang menggerakkan kita?

    Dia menjelaskan bahwa seperti Simeon, Roh Kudus “memampukan kita untuk membedakan kehadiran dan aktivitas Tuhan bukan dalam hal-hal besar, dalam penampilan luar atau unjuk kekuatan, tetapi dalam hal kecil dan kerentanan.”

    Paus Fransiskus kemudian mengajukan pertanyaan; “siapa yang paling banyak menggerakkan kita? Apakah itu Roh Kudus, atau roh dunia ini?”

    Pada Hari Doa Sedunia untuk Hidup Bakti ini, di Basilika Santo Petrus Paus bersama para anggota Institut Hidup Bakti dan Serikat Hidup Kerasulan, dan dia mengatakan bahwa “ini adalah pertanyaan yang setiap orang, khususnya para biarawan dan biarawati, perlu bertanya.”

    Dia melanjutkan dengan mengatakan, “Roh menggerakkan kita untuk melihat Tuhan dalam kekecilan dan kerentanan seorang bayi, namun terkadang kita mengambil risiko melihat pentahbisan kita hanya dalam hal hasil, tujuan, dan kesuksesan: kita mencari pengaruh, visibilitas, untuk angka.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI