33 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Paus Fransiskus: Banyak Pasangan Tidak Memiliki Anak, Namun Mereka Memiliki Dua Anjing atau Dua Kucing

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus. Aleteia

    VATIKAN, Pena Katolik – Peran St. Joseph sebagai ayah angkat Yesus mengundang kita untuk merenungkan zaman yatim piatu kita yang terkenal kejam.

    “Karena kita hidup di zaman yatim piatu yang terkenal kejam, bukan? Sangat mengherankan: Peradaban kita adalah sesuatu dari anak yatim, dan yatim piatu ini dapat dirasakan.”

    Bapa Suci menjelaskan bagaimana adopsi adalah bagian yang lebih umum dari budaya Yahudi daripada sekarang. Ia juga menjelaskan pentingnya ayah yang sah memberikan nama kepada anak itu. Di mana, ini mengarah pada refleksinya tentang adopsi, ketidaksuburan, dan anak-anak yang menderita kekurangan perhatian dalam keluarga.

    “Semoga Santo Yosef, yang menggantikan ayah kandung Tuhan, membantu kita memahami bagaimana mengatasi rasa ‘yatim piatu’ yang begitu berbahaya bagi kita hari ini,” doanya.

    Mengutip surat apostoliknya Patris corde, Paus menegaskan kembali bahwa membawa seorang anak ke dunia tidak cukup untuk menjadi ayah atau ibu sejati. Seseorang juga harus menerima tanggung jawab atas kehidupan anak itu. Ia memuji mereka yang terbuka untuk diadopsi. Tindakan ini ia sebut sebagai “sikap yang baik dan murah hati”.

    “St Joseph menunjukkan kepada kita bahwa jenis ikatan [adopsi] ini tidak sekunder; itu bukan renungan, tidak. Pilihan seperti ini adalah salah satu bentuk cinta tertinggi, dan kebapaan dan keibuan.”

    Bapa Suci juga mencatat rasa sakit dari ketidaksuburan, serta pasangan yang sudah memiliki anak tetapi ingin “berbagi kasih sayang keluarga mereka”.

    “Kita tidak perlu takut untuk memilih jalan adopsi, untuk mengambil ‘risiko’ menyambut anak-anak,” katanya. Ia mengingatkan ada begitu banyak anak “menunggu seseorang untuk merawat mereka”.

    Musim dingin demografis

    Paus mengingat bagaimana dia menyebutkan musim dingin demografis Italia beberapa hari yang lalu. Di negara itu, tingkat reproduksi berada di bawah tingkat ‘penggantian’, masalah yang telah dia kemukakan beberapa kali.

    “Banyak pasangan tidak memiliki anak karena mereka tidak ingin, atau mereka hanya memiliki satu – tetapi mereka memiliki dua anjing, dua kucing … Ya, anjing dan kucing menggantikan anak-anak,” katanya. “Ya, itu lucu, saya mengerti, tetapi itulah kenyataannya.”

    Tetapi “penyangkalan menjadi ayah atau ibu mengurangi dan menghilangkan kemanusiaan setiap orang, seru Paus. Dengan cara ini peradaban menjadi tua dan tanpa kemanusiaan, karena kehilangan kekayaan kebapaan dan keibuan. Paus sekali lagi mencatat sisi “agak lucu” lain yang ditemukan orang.

    “Siapa yang akan membayar pajak untuk pensiun saya?” Orang-orang mengatakannya dengan tawa, katanya, “tetapi itu adalah kebenarannya. Saya meminta rahmat kepada Santo Yosef untuk membangkitkan hati nurani dan memikirkan hal ini: tentang memiliki anak. Menjadi ayah dan ibu adalah kepenuhan hidup seseorang. Pikirkan tentang ini.”

    Bapa Suci mengakui keibuan rohani dan kebapaan dari mereka yang dikuduskan kepada Tuhan, tetapi mendesak pasangan yang sudah menikah.

    “Pikirkan tentang adopsi. Ini adalah risiko, memiliki anak selalu merupakan risiko, baik secara alami maupun melalui adopsi. Tetapi lebih berisiko apabila tidak memilikinya.”

    Paus Fransiskus menegaskan, lebih berisiko untuk menyangkal peran sebagai ayah, atau menyangkal peran sebagai ibu, baik itu nyata atau spiritual. Tetapi penyangkalan, seorang pria atau Wanita, yang tidak mengembangkan rasa kebapakan atau keibuan, akan memunculkan kekurangan besar dalam hidup.

    Pada saat yang sama, Paus menyinggung banyak kesulitan yang sering dialami pasangan yang mencoba untuk mengadopsi anak. Dia berharap pemerintah akan selalu siap membantu terkait adopsi, dengan memantau secara serius tetapi juga menyederhanakan prosedur yang diperlukan.

    “Saya berdoa agar tidak ada yang merasa kehilangan ikatan cinta ayah. Semoga Santo Yosef melindungi, dan memberikan bantuannya kepada anak yatim; dan semoga dia menjadi perantara bagi pasangan yang ingin memiliki anak.”

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI