31.1 C
Jakarta
Monday, April 29, 2024

Suster Cinta Kasih Mendapat “Serangan” Nasionalisme Hindu

BERITA LAIN

More
    Para Ssuster Misionaris Cinta Kasih. Varican Media

    INDIA, Pena Katolik – Para Suster Misionaris Cinta Kasih yang didirikan St Teresa Kaokata baru-baru ini menjadi sasaran nasionalis Hindu di India. Mereka dituduh berada di balik perpindahan agama beberapa orang di Gujarat, India barat.

    “Misionaris Cinta Kasih menjadi sasaran nasionalis Hindu. Ini murni pencemaran nama baik; mereka ingin mencemarkan nama baik dan memfitnah biarawati dan institusi Kristen,” ungkap Pastor Suresh Mathew dari tarekat imam Kapusin, editor mingguan Katolik Indian Currents.

    Para biarawati telah didakwa dengan Undang-Undang Kebebasan Beragama Gujarat, yang berlaku sejak 2003. Menurut pengaduan yang diajukan ke polisi di Makarpura pada 12 Desember 2021, para biarawati itu diduga menyakiti perasaan religius Hindu dan menarik para wanita muda ke agama Kristen” di sebuah rumah yang mereka kelola di kota Vadodara.

    Mayank Trivedi suatu hari mengunjungi rumah untuk gadis-gadis yang dikelola oleh Misionaris Cinta Kasih. Kedatangan mereka membawa tuduhan bahwa gadis-gadis di rumah itu dipaksa untuk membaca teks-teks agama Kristen.

    “Mereka dibuat untuk memakai salib di leher mereka dan Alkitab diletakkan di atas meja di ruang tamu untuk memaksa mereka membacanya.”

    Misionaris Cinta Kasih, sebuah kongregasi yang didirikan oleh Bunda Teresa dari Kolkata menyangkal semua tuduhan itu.

    “Kami tidak terlibat dalam kegiatan konversi agama. Kami menyambut 24 gadis yang tinggal bersama kami dan mengikuti praktik hidup kami. Kami tidak mengubah siapa pun atau memaksa siapa pun untuk menikah menurut ritus Kristen,” kata juru bicara Suster-Suster Missionaris Cinta Kasih.

    Menurut pengaduan dari Komite Kesejahteraan Anak, para biarawati juga memaksa seorang gadis Hindu untuk menikah dengan keluarga Kristen. Komisaris Polisi Vadodara Shamsher Singh mengatakan bahwa polisi akan terus menyelidiki masalah ini. Gujarat diperintah oleh Partai Nasionalis Hindu Bharatiya Janata Party (BJP).

    Di Gujarat, dan di tujuh negara bagian India lainnya, “undang-undang anti-konversi” khusus berlaku yang membuat keyakinan agama pribadi diperiksa oleh hakim. Pada tahun 2018, para biarawati Misionaris Cinta Kasih di negara bagian harkhand India dituduh melakukan dakwah dan perdagangan anak. Saat itu, seorang biarawati ditahan oleh polisi selama beberapa waktu.

    Saat ini, di India sekitar 5.200 Misionaris Cinta Kasih menjalankan 277 rumah dan lembaga dengan kegiatan sosial dan amal. Mereka adalah Kongregasi suster yang awalnya didirikan St. Teresa Kolkata.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI