28.3 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Katolik dan Ortodoks Harus Membuat Persekutuan Mereka Terlihat

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Patriark Ekumenis Bartholomew dari Konstantinopel berpelukan selama kebaktian doa di Gereja Patriarkal St George di Istanbul 29 November 2014. Cruxnow

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus mengatakan, umat ​​Katolik dan Kristen Ortodoks harus semakin bekerja sama. “Kesatuan penuh yang kita dambakan, tentu saja, adalah karunia dari Allah, melalui kasih karunia Roh Kudus. Semoga Tuhan kita membantu kita untuk siap menerima karunia ini melalui doa, pertobatan batin dan keterbukaan untuk mencari dan menawarkan pengampunan,” katanya dalam pesan tertulis kepada Patriark Ekumenis Bartholomew dari Konstantinopel.

    “Saudara terkasih dalam Kristus, di sepanjang jalan menuju persekutuan penuh antara Gereja-Gereja kita, kita ditopang oleh perantaraan saudara-saudara kudus Petrus dan Andreas, santo pelindung kita,” tulisnya dalam pesan yang dirilis oleh Vatikan 30 November 2021.

    Kardinal Kurt Koch, Presiden Dewan Kepausan untuk Memajukan Persatuan Umat Kristiani, menyampaikan pesan tersebut kepada Patriark Bartholomew selama kebaktian untuk menandai pesta Santo Andreas sang Rasul, santo pelindung patriarkat. Kardinal memimpin delegasi Vatikan ke Istanbul untuk mengambil bagian dalam Liturgi Ilahi yang dipimpin oleh sang patriark.

    Paus Fransiskus menyampaikan, “Sumber kegembiraan bagi saya bahwa selama kunjungan Anda baru-baru ini ke Roma, kita tidak hanya dapat berbagi keprihatinan mengenai masa kini dan masa depan dunia, tetapi juga untuk mengungkapkan komitmen bersama untuk menangani masalah-masalah makna penting bagi seluruh keluarga manusia, termasuk pemeliharaan ciptaan, pendidikan generasi mendatang, dialog di antara tradisi-tradisi agama yang berbeda dan upaya mewujudkan perdamaian.”

    Meskipun masih ada “pertanyaan teologis dan eklesiologis di jantung pekerjaan dialog teologis kita yang sedang berlangsung, harapan saya agar umat Katolik dan Ortodoks dapat semakin bekerja sama di bidang-bidang di mana tidak hanya mungkin, tetapi juga sangat penting bahwa kita lakukan itu, ”tulis paus.

    Paus dan patriark mengirim delegasi ke Gereja masing-masing setiap tahun untuk perayaan hari raya santo pelindung mereka. Gereja Ortodoks Konstantinopel mengirimkan perwakilan setiap perayaan 29 Juni di Vatikan untuk Pesta St. Petrus dan Paulus. Sebaliknya, Paus selalu mengirimkan delegasi ke perayaan Pesta St. Andrew pada 30 November.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI