Jumat, November 22, 2024
28.1 C
Jakarta

Eropa Harus Mengakui, Sekarang Wilayah ini adalah Daerah Misi, Wawancara dengan Jenderal Ordo Dominika

Gerard Francisco Timoner. Heradl Malaysia

ROMA, Pena Katolik – Nama resminya adalah Ordo Pengkhotbah, tetapi kebanyakan orang mengenal kongregasi religius internasional ini sebagai Dominikan. Didirikan pada abad ke-13 oleh seorang imam Spanyol bernama Dominic Guzman. Ordo ini hari ini mencakup para biarawan (imam dan bruder), biarawati biara, apostolik suster dan rekan awam.

Pemimpin Umum Ordo Pengkhotbah saat ini adalah Pater Gerard Francisco Timoner, seorang imam dan teolog Filipina berusia 53 tahun. Ia terpilih untuk jabatan itu pada Juli 2019. Ia adalah orang Asia pertama yang melayani sebagai penerus St. Dominikus .

Dalam wawancara eksklusif dengan koresponden La Croix di Roma, Loup Besmond de Senneville, Pater Francisco berbicara tentang tantangan yang dihadapi Gereja dan Ordo Pengkhotbah.

Anda telah menjadi Master ordo Dominikan sejak Juli 2019, menggantikan orang Prancis Bruno Cadore. Bagaimana Anda memutuskan untuk menjadi seorang Dominikan?

Ceritanya Panjang, saya adalah putra provinsi Filipina. Pada akhir sekolah menengah, saya ingin masuk seminari, tetapi orang tua saya, didukung oleh pastor paroki saya, menganggap saya terlalu muda.

Beberapa waktu kemudian, saya pindah ke Manila, ibu kota, dengan ide untuk bergabung dengan para Yesuit. Nenek saya dan kakak perempuannya menentangnya, karena mereka takut saya akan dikirim sebagai misionaris ke belahan dunia lain. Ketika mereka menolak, saya memutuskan untuk pergi ke Universitas Santo Tomas, di mana para seminaris dari berbagai keuskupan bertemu.

Untuk itu, saya membutuhkan surat dukungan dari uskup saya. Namun dalam surat itu, sekretarisnya tidak menulis kepada Universitas “São Tomás”, tetapi kepada para Dominikan dari “São Domingos”. Saya berumur 17 tahun, saya tidak tahu apa-apa.

Terkadang mereka mengatakan bahwa Tuhan menulis lurus dengan garis yang bengkok. Dalam kasus saya, Tuhan membuat kesalahan ketik! Jadi, ketika saya memasuki kaum Dominikan, saya benar-benar mengenal mereka. Dan saat itulah saya berkata pada diri sendiri: beginilah saya menginginkan hidup saya.

Anda adalah pemimpin Ordo Pengkhotbah. Apa artinya ini di dunia yang sedang mengalami semacam krisis kata?

Karisma kita adalah untuk berpartisipasi, seperti yang diinginkan St. Dominikus, dalam Gereja mistik Kristus, memberitakan Kabar Baik. Itu tidak berarti kita satu-satunya yang melakukan ini. Beberapa imam diosesan adalah pengkhotbah yang lebih baik daripada Dominikan!

Tapi itu menekankan bahwa khotbah adalah salah satu karisma Gereja.

 Apakah ini berarti bahwa para Dominikan menyampaikan homili yang baik?

Tidak. Kami bukan ordo “pengkhotbah” tetapi pengkhotbah. Homili adalah khotbah liturgi, tetapi ada banyak bentuk khotbah lainnya. Pastor Angelico, ketika melukis, berkhotbah dengan caranya sendiri. Hal yang sama berlaku untuk semua orang yang menawarkan khotbah melalui pekerjaan amal mereka.

Hal ini juga terjadi pada para martir kita di Cina, Jepang dan Vietnam. Dan ini adalah kasus siswa kami di cole Biblique di Yerusalem, dan saudara-saudara kami yang terlibat dalam perbatasan eksistensial, seperti mereka yang belajar bahasa Arab dan Alquran untuk berdialog dengan Muslim.

Kadang-kadang, orang mendapat kesan bahwa Dominikan adalah kumpulan kepribadian yang sangat brilian, tetapi mandiri, belum lagi individualistis. Apa yang memberi kesatuan pada Ordo?

Tentu saja, jika video berturut-turut menunjukkan Pater Yves Congar menulis, Santo Martin de Porres memberi makan orang miskin, Bartolomé de las Casas membela hak-hak masyarakat adat, dan Santo Catherine de Siena berbicara kepada Paus, orang akan bertanya-tanya apa kesamaan mereka.

Namun, yang menyatukan mereka adalah bahwa mereka semua menemukan panggilan mereka dalam jejak St. Dominikus dan menggunakan bakat mereka untuk memberitakan Kabar Baik Yesus Kristus dengan cara mereka sendiri.

Saya berasal dari sebuah negara, Filipina, yang terdiri dari banyak pulau. Jika Anda melihat mereka, mereka tampaknya terpisah satu sama lain. Tetapi jika Anda pergi ke dasar laut, Anda akan melihat mereka terhubung di kedalaman.

Dominikan sedikit seperti itu. Apa yang menyatukan kita adalah pengakuan iman St. Dominikus dan karisma kita sebagai pengkhotbah. Hidup kami juga dipandu oleh doa bersama dan gaya sinode dan pemerintahan komunitas.

Siapa sajakah anak-anak muda yang ingin bergabung dengan Ordo?

Itu tergantung dari mana mereka berasal. Di Amerika Serikat, banyak yang mengenal Ordo melalui internet. Beberapa berasal dari keluarga yang tidak berlatih dan menemukan kembali Gereja.

Di Afrika dan Asia, mereka biasanya datang kepada kami setelah bertemu dengan komunitas Dominika. Sulit untuk digeneralisasi, tetapi apa yang dapat kita lihat adalah bahwa beberapa anak muda kehilangan semacam masa lalu yang gemilang.

Beberapa lebih suka, misalnya, bentuk ritus yang luar biasa atau ritus Dominika kuno. Hal ini terkadang dapat menimbulkan ketegangan dengan generasi yang lebih tua, terutama mereka yang hidup pada masa Vatikan II dan melaksanakan reformasinya. Yang mengatakan, itu normal jika ada ketegangan antara satu generasi dan generasi sebelumnya.

Itu tidak buruk dalam dirinya sendiri, karena setiap orang memiliki sesuatu yang valid dan spesifik untuk dikatakan. Tapi menjadi berbahaya ketika satu generasi berpikir itu yang terbaik tanpa memperhitungkan sisanya.

Bagaimana Anda menghadapinya?

Kita semua berada di jalan yang sama menuju Tuhan. Tetapi beberapa berjalan di sisi kiri jalan, yang lain di sebelah kanan. Kontroversi tidak membantu kita menyadari bahwa jalannya terlalu lebar dan ada ruang untuk perbedaan. Kesulitannya adalah membuat mereka yang berada di satu sisi mengakui bahwa mereka berada di jalur yang sama dengan mereka yang berada di sisi lain.

Apakah menurut Anda ini akan menjadi tantangan dari proses sinode yang diluncurkan oleh Paus?

Ya, seperti yang dikatakan paus, tujuan sinodalitas sebenarnya adalah persekutuan dan mengatasi pertentangan yang mungkin ada, bahkan di antara para kardinal atau uskup yang terkadang saling mengkritik secara terbuka.

Saran apa yang dapat Anda berikan untuk keberhasilan proses sinode ini?

Yang penting adalah mendengarkan orang lain. Sebagian besar waktu, orang tidak setuju karena mereka hanya mendengarkan diri mereka sendiri. Dan untuk mendengarkan diri sendiri, Anda harus mengakui bahwa terkadang Anda sedikit berbeda satu sama lain. Ini hanya mungkin antara orang-orang yang berdamai satu sama lain.

Kami memiliki kemajuan ini dalam setiap Misa: pertama pengampunan, kemudian mendengarkan Sabda Allah dan kemudian mengutus misi.

Apakah kita benar-benar mendengarkan Firman Tuhan sebelum mendengarkan orang lain? Apakah kita hanya mempertahankan apa yang cocok untuk kita atau apakah kita benar-benar mempertahankan firman Tuhan?

Berada di sinode bukan hanya tentang berkumpul untuk diri kita sendiri, ini tentang melakukannya agar kita bisa lebih baik dikirim ke dunia.

Bagaimana Anda dalam memerangi pelecehan seksual?

Pertama-tama, saya ingin mengatakan bahwa atas prakarsa Fra Bruno, pendahulu saya, semua provinsi kita sekarang memiliki kebijakan “perlindungan” dan protokol untuk memerangi pelecehan seksual.

Beberapa telah diadaptasi oleh negara dan memperhitungkan imperatif uskup lokal atau aturan yurisdiksi sipil. Ketika peristiwa ini terjadi, mereka dianggap sangat serius. Di masa lalu, kita mungkin memandang pelecehan anak sebagai dosa yang dapat diampuni. Kami salah: itu adalah kejahatan yang harus dibawa ke pengadilan sipil.

Bagaimana Anda melihat masa depan Ordo dan Gereja secara lebih luas? Apakah Anda masih di Eropa?

Masa depan Gereja adalah tempat Injil harus diberitakan. Adapun Eropa, yang merupakan Gereja misionaris, mungkin harus mengakui bahwa itu sekarang adalah wilayah misi. Saya berasal dari negara yang tahun ini merayakan 500 tahun baptisan pertama dan misa pertama. Ini dimungkinkan berkat misionaris yang menyeberangi lautan.

Banyak yang mati, banyak yang menderita. Kami tidak menyadari apa yang mereka alami. Kami bersyukur, tetapi kami juga harus menyadari bahwa tanah tempat mereka berasal sekarang adalah tanah misi.

Kebanyakan umat Katolik tidak lagi berada di Eropa. Pola yang sama berlaku di Ordo: hampir setengah dari 4.800 imam Ordo adalah orang Eropa. Namun, dari 752 siswa yang dididik menjadi imam, proporsi orang Eropa adalah 32%. Adapun 165 novis, hanya 48, atau 29%, yang lahir di Eropa.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini