25.2 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Beato Titus Brandsma di jalan menuju kesucian

BERITA LAIN

More
    Beato Tito Brandsma. Vatican News

    VATIKAN, Pena Katolik – Paus Fransiskus memberi wewenang kepada Kongregasi Penggelaran Kudus untuk mengumumkan serangkaian Dekrit termasuk pengakuan mukjizat yang dikaitkan terkait Beato Tito Brandsma. Orang kudus ini terbunuh “dalam kebencian terhadap iman” di kamp konsentrasi Dachau pada tahun 1942.

    Sebuah pernyataan Kantor Pers Takhta Suci pada hari Kamis mengungkapkan bahwa Paus Fransiskus memberi wewenang kepada Kardinal Marcello Semeraro, Prefek Kongregasi untuk Pekerjaan Orang Suci, untuk mengumumkan serangkaian penyebab kemajuan menuju kesucian pria dan wanita suci berikut.

    Titus Brandsma lahir pada tahun 1881, Titus adalah seorang teolog, jurnalis, dan penulis Belanda yang dengan tegas menentang dan berbicara menentang undang-undang anti-Yahudi yang disahkan Nazi di Jerman sebelum Perang Dunia II. Dia juga seorang imam Karmelit yang ditahbiskan.

    Titus ditangkap ketika Jerman menginvasi Belanda dan diberitahu bahwa dia akan diizinkan untuk hidup tenang di biara jika dia mengumumkan bahwa surat kabar Katolik harus menerbitkan propaganda Nazi. Titus menolak dan dia meninggal karena kesulitan dan kelaparan di kamp konsentrasi Dachau pada tanggal 26 Juli 1942. Paus Santo Yohanes Paulus II menyatakan Titus Diberkati pada tahun 1985, dengan mengatakan bahwa dia “menjawab kebencian dengan cinta.”

    Sebelumnya, Henri Planchat, Ladislas Radigue, dan 3 rekannya, para imam Kongregasi Hati Kudus Yesus dan Maria, dibunuh “dalam kebencian terhadap iman” pada 26 Mei 1871 selama pemberontakan Komune Paris. Kesyahidan mereka telah diakui.

    Suster Maria dari Yesus yang terberkati, pendiri Suster Kapusin Maria Tak Bernoda dari Lourdes yang bekerja dengan orang sakit, miskin, cacat, dan terlantar, dia dibeatifikasi oleh Paus Fransiskus pada 12 Juni 2016. Sebuah keajaiban yang dikaitkan dengannya telah diakui.

    Dekrit tersebut juga mengakui kebajikan heroik dari Hamba Tuhan Antonio Bello, Uskup kota Molfetta di Italia, yang meninggal pada tahun 1993; kebajikan heroik dari Hamba Tuhan, Giorgio Guzzetta, seorang imam Italia yang tergabung dalam Konfederasi Oratorium Santo Filippo Neri.

    Selain itu juga kebajikan heroik Hamba Allah Natalina Bonardi, pendiri Kongregasi Suster-suster St. Maria dari Loreto. Lalu kebajikan heroik Hamba Tuhan Maria Dositea Bottani, Pemimpin Umum Kongregasi Ursulin Gandino. Terakhir, Hamba Tuhan Odette Vidal Cardoso, seorang gadis sembilan tahun, dengan pengabdian yang mendalam, yang meninggal di Brasil pada tanggal 25 November 1939.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI