Pen@ Katolik

PGI Protes, Namanya Dicatut dalam Sebuah Hasutan Pembubaran MUI

Kantor PGI di Jakarta. IST

JAKARTA, Pena Katolik – PGI Protes, Namanya Dicatut dalam Sebuah Hasutan Pembubaran MUI. Melalui pernyataan resmi yang dimuat di pgr.or.id, PGI menilai tindakan itu dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Dalam hasutan itu, satu kalimat berbunyi, “Mari terus Perkuat Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) dan Bubarkan MUI.”

Seruan pembubaran MUI bermunculan di media sosial setelah Densus 88 menangkap tiga ustaz, termasuk pengurus MUI karena diduga terkait jaringan teroris. PGI secara tegas mengatakan bahwa informasi tersebut bukan dari PGI, dan PGI tidak pernah membuat pernyataan provokatif tersebut.

“Informasi lewat flyer tersebut merupakan hasutan dan provokasi untuk memecah-belah persatuan umat. Hubungan PGI dan MUI selama ini baik-baik saja dan ada kerja sama yang baik.”

PGI meminta masyarakat, dan secara khusus warga gereja, untuk tidak mempercayai informasi dimaksud dan tidak turut menyebarkannya. Selain itu, PGI juga mendesak aparat keamanan untuk mewaspadai dan menyikapi secara tegas upaya-upaya menghasut dan memprovokasi ketegangan antaragama, maupun antar kelompok-kelompok berbeda identitas. Kewaspadaan ini mengingat juga semakin dekatnya di saat menjelang tahun-tahun politik yang akan kita jalani bersama.