31 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Pihak Berwenang Tiongkok Menahan Seorang Uskup Wenzhou, Mgr Shao Shumin

BERITA LAIN

More
    Uskup Wenzhou Mgr Shao Zhumin. (DOk. Aletea)

    WENSHOU, Pena Katolik – Uskup Wenzhou, Mgr. Shao Zhumin diculik sebelum perayaan hari besar Gereja. Hingga kini, ia masih hilang. Berdasarkan perilaku otoritas Tiongkok di masa lalu, Uskup Shao Zhumin bisa pergi untuk sementara waktu.

    Sebuah publikasi dari Institut Kepausan untuk Misi Asing, melaporkan penculikan Mgr. Shao pada hari Senin, 1 November 2021. Berdasarkan sumber di lapangan diketahui bahwa bahwa uskup itu secara resmi dibawa pergi ‘berlibur.’

    “Ini bukan pertama kalinya polisi menangkap Mgr. Shao, membuatnya menghilang selama berbulan-bulan,” kata sebuah laporan.

    Pihak berwenang secara teratur membuatnya menjalani sesi “cuci otak” untuk membuatnya menerima arahan dari badan-badan keagamaan “patriotic”, yang terkait dengan Partai Komunis Tiongkok (PKT). Uskup Wenzhou diakui oleh Paus, tetapi tidak oleh Partai Komunis, yang mengklaim menjalankan kendalinya atas semua kegiatan keagamaan.

    Pada suatu kesempatan ketika dia menghilang, Mgr. Shao tiba-tiba ditemukan di sebuah rumah sakit di Beijing, sekitar 1.000 mil di sebelah utara wilayah Keuskupan Wenzhou. Saat ini, umat Katolik Tiongkok meminta doa untuk uskup, semoga Tuhan memberinya keyakinan dan keberanian, bahwa dia tidak akan patah semangat dengan apa yang terjadi.

    Penghilangan Shao di masa lalu selalu terjadi pada malam sebelum periode penting dalam kehidupan komunitas Katolik, misalnya Natal, Paskah, Hari Raya Penampakkan Tuhan, dan sekarang November, bulan doa untuk orang mati.

    Di Provinsi Zhejiang, yang lebih dari 10% Katolik dan di mana Keuskupan Wenzhou berada, November memiliki arti khusus, karena seorang uskup, Mgr. James Lin Xili, dimakamkan di Wenzhou. Uskup Lin adalah uskup lokal pertama, diangkat pada tahun 1992 tetapi dianggap sebagai uskup “bawah tanah” yang tidak diakui oleh Partai Komunis dan Asosiasi Patriotik Katoliknya. “Pada tahun 1999, pihak berwenang menangkapnya dan kemudian menahannya sampai kematiannya pada tahun 2009.

    Dalam beberapa tahun terakhir, pihak berwenang telah memblokir pintu masuk ke pemakaman Wenzhou dengan penghalang besi untuk mencegah umat Katolik berkumpul; tahun ini mereka langsung menggandeng Mgr. Shao pergi. Peraturan Baru tentang kegiatan keagamaan yang diamanatkan partai, yang mulai berlaku pada Februari 2018, hanya mengizinkan kegiatan (termasuk sekolah teologi) yang diadakan di tempat-tempat yang terdaftar dan dikendalikan oleh pemerintah. Personil agama hanya dapat menjalankan fungsinya jika mereka menganut Gereja “resmi” dan tunduk pada Partai Komunis.

    Penandatanganan perjanjian Sino-Vatikan pada tahun 2018, dan pembaruan pada Oktober 2020, tentang Pengangkatan Uskup tidak menghentikan penganiayaan terhadap umat Katolik Tiongkok, terutama yang tidak resmi. Selain kasus Mgr. Shao, ada Msgr. Jia Zhiguo, ditempatkan di bawah tahanan rumah. Kemudian ada uskup yang terputus aliran air, listrik dan gas di rumahnya, seperti Mgr. Guo Xijin; dan uskup menjadi sasaran sesi politik seperti Mgr. Zhang Weizu.

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI