Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Paus Fransiskus di Slovakia: Waspada Perbudakan Batin

Paus Fransiskus saat tiba di Slovakia. (Vatican News).

SLOVAKIA, Pena Katolik – Pada pemberhentian pertama Perjalanan Apostoliknya ke Slovakia, Paus Fransiskus mendesak pertemuan ekumenis. Paus Fransiskus memulai kunjungannya ke Slovakia pada Minggu sore, 12 September 2021, dengan bertemu dengan Dewan Gereja Ekumenis negara itu.

Acara itu diadakan di Nunsiatur Apostolik, tempat dia tinggal, dan termasuk perwakilan dari sebelas Gereja anggota Dewan Ekumenis, di mana Konferensi Waligereja Slovakia menikmati status pengamat.

Dalam pidatonya kepada mereka yang berkumpul, Paus mengungkapkan penghargaannya atas kesempatan untuk menjadi “peziarah di Slovakia”, dan mengatakan dia senang bahwa pertemuan pertamanya di negara anggota Uni Eropa itu bersifat ekumenis.

“Ini adalah tanda bahwa iman Kristen menjadi benih persatuan dan ragi persaudaraan di negara ini.”

Paus Fransiskus mengenang bertahun-tahun penganiayaan ateis di bawah Uni Soviet, ketika kebebasan beragama dibungkam atau ditekan dengan keras. Setelah jatuhnya Tirai Besi kebebasan kembali.

“Sekarang Anda berbagi pengalaman pertumbuhan yang serupa di mana Anda datang untuk menemukan betapa indahnya, tetapi juga betapa sulitnya menjalani keyakinan Anda dalam kebebasan.”

Perbudakan Batin

Paus kemudian memperingatkan warga Slovakia terhadap godaan untuk kembali ke perbudakan yang lebih buruk: “perbudakan batin”. Dia mengacu pada buku Legend of the Grand Inquisitor karya Dostoevsky, di mana Yesus kembali ke bumi dan sekali lagi dipenjarakan. Penyelidik yang menanyai Yesus menuduh-Nya melebih-lebihkan kebebasan manusia, dengan mengatakan orang lebih suka menukar kebebasan mereka dengan “perbudakan yang lebih nyaman”.

Paus Fransiskus mengimbau orang-orang Kristen untuk tidak jatuh ke dalam perangkap yang sama, yaitu memperdagangkan kebebasan untuk “roti dan sedikit yang lain”, yang berarti “ruang dan hak istimewa.”

“Di sini, dari jantung Eropa, kita dapat bertanya: apakah kita orang Kristen telah kehilangan sebagian dari semangat kita untuk memberitakan Injil dan untuk kesaksian kenabian? Apakah kebenaran Injil membebaskan kita?

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini