26.1 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Mgr Guido Marini, Pensihat Acara Liturgi Kepausan, diangkat menjadi Uskup Tortona

BERITA LAIN

More
    Mgr Guido Marini. (Pena Katolik/Foto. Vatican News).

    MGR Guido Marini sudah tidak asing lagi di Vatikan. Dalam banyak kunjungan Paus, sejak Paus Benediktus XVI, dan kini Paus Fransiskus, Mgr Marini selalu mendampingi Paus dalam setiap Perayaan Ekaristi. Termasuk saat kunjungan ke berbagai Menara, Mgr Marini selalu ikut serta dan menjadi penasihat untuk setiap Perayaan Liturgi yang dipimpin Paus.

    Baru-baru ini, Mgr Marini diangkat Paus Fransiskus menjadi Uskup Tortona, Genoa, Italia. Mgr Marini lahir di Genoa pada tanggal 31 Januari 1965. Setelah lulus dari sekolah menengah, ia masuk Seminari Tinggi Keuskupan Agung Genoa, di mana ia memperoleh gelar Sarjana Teologi. Ia ditahbiskan sebagai imam pada tanggal 4 Februari 1989, ia melanjutkan studinya di Roma di Universitas Kepausan Lateran, di mana ia memperoleh gelar doktor dalam Hukum Gereja (baik dalam kanon maupun hukum perdata). Pada tahun 2007 ia memperoleh gelar Sarjana dalam bidang psikologi komunikasi dari Universitas Kepausan Salesian.

    Pada 2007, Mgr Marini menjadi Penasihat Perayaan Liturgi Kepausan. Paus Fransiskus mengukuhkan jabatan ini pada 2013. Sejak 2019, ia juga bertanggung jawab atas Kapel Musik Kepausan.

    Tahun ajaran 2018-2019, ia Diundang sebagai Dosen Liturgi Kepausan di Pontifical Athenaeum Sant’Anselmo. Sejak ditahbiskan menjadi imam, ia juga menjalankan pelayanannya bimbingan rohani, mendampingi berbagai kelompok pemuda, dan sebagai pendamping rohani berbagai komunitas agama.

    Dalam bidang hukum Gereja, Mgr Marini pernah menjadi dosen Hukum Kanonik di Fakultas Teologi Italia Utara – Bagian Genoa dan Institut Tinggi Ilmu Agama antara tahun 1992-2007). Ia juga pernah menjadi direktur Dinas Pendidikan dan Sekolah Keuskupan Agung Genoa (2003-2005), Direktur Spiritual di Seminari Episkopal Nusantara (2004-2007), dan anggota Dewan Episkopal Keuskupan Agung Gedoa (2005-2007).

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI