Francesco 3

Klik untuk tonton trailer Francesco

Film dokumenter baru tentang kehidupan dan karya Paus Fransiskus kini ditayangkan di Discovery +. Film tersebut, Francesco, berfokus pada masalah dunia kontemporer dan peran Gereja Katolik dalam pemecahannya. Film ini menampilkan banyak wawancara dengan Paus Fransiskus, beberapa anggota keluarganya, bahkan Paus Benediktus XVI.

Evgeny Afineevsky, sutradara dengan nominasi penghargaan Oscar, menghabiskan tiga tahun mengikuti paus di seluruh dunia untuk mengumpulkan rekaman itu. Perjalanannya membawanya ke Myanmar, di mana orang-orang Rohingya berada di tengah-tengah genosida, juga ke Suriah, di puncak perang saudara, dan banyak lokasi lainnya. Peristiwa-peristiwa dunia lainnya diperoleh melalui cuplikan berita dan laporan-laporan nampak dalam film itu.

Dalam sebuah wawancara dengan Deadline, Afineevsky mengatakan, “Saya sangat tersanjung bahwa Paus Fransiskus mengizinkan saya menyaksikan dan menciptakan monumen inspirasional yang didedikasikan untuk masalah-masalah paling mendesak yang dihadapi umat manusia saat ini.”

Komitmennya kepada orang-orang di seluruh dunia akan membawa kita keluar dari momen bersejarah yang sulit ini dan menuju masa depan lebih cerah. Dia mercusuar di dunia ini bagi banyak orang dan setiap hari berusaha mencerahkan orang tentang cara membangun jembatan menuju hari esok lebih baik.”

Menurut Vatican News, syuting selesai bulan Juni 2020, selama pandemi dunia. Francesco menyertakan gambar yang berdampak tentang tema Covid-19, rasisme, dan kerusuhan sipil di Amerika Serikat. Pidato-pidato Paus Fransiskus merangkai tema-tema ini dengan “contoh-contoh mengharukan dari pelajaran-pelajaran hidupnya, dalam kata-kata Paus sendiri.

Tahun 2020, film ini dianugerahi Kinéo Movie for Humanity Award untuk peningkatan tema-tema sosial dan kemanusiaan. Rosetta Sannelli, pencipta Kinéo, secara pribadi mengeluarkan penghargaan dan memuji film dokumenter itu karena relevansinya. Dia berkata pada upacara itu, “Setiap perjalanan Paus Fransiskus ke berbagai belahan dunia, didokumentasikan dalam karya Afineevsky melalui gambar dan cuplikan berita, dan mengungkapkan sekilas otentik dalam peristiwa zaman kita.”

Tanggal 24 Mei 2021, Paus Fransiskus mengadakan tontonan khusus Francesco di atrium Aula Paulus VI. Untuk penayangan film itu, Paus mengundang sekitar 100 tunawisma dan pengungsi Roma untuk menikmati film itu. Menurut CNA, staf Vatikan menyiapkan paket makanan dan membagikan kepada mereka sesudah penayangan film itu. Acara ini diselenggarakan oleh Afineevsky dan Yayasan Laudato Si’.

Discovery + mendapatkan hak untuk streaming Francesco tanggal 18 Maret dan tersedia untuk dilihat di seluruh dunia. Click here to learn how to watch. (PEN@ Katolik/paulc pati/J-P Mauro/Aletea)

Tinggalkan Pesan