Pastor Luis Marin dan Suster Nathalie Becquart
Pastor Luis Marin dan Suster Nathalie Becquart

Paus Fransiskus mengangkat Suster Nathalie Becquart dan Pastor Luis Marín de San Martín untuk menjadi Wakil-Wakil Sekretaris Sinode Para Uskup. Sinode Para Uskup yang saat ini dipimpin Kardinal Mario Grech adalah lembaga permanen yang didirikan Paus Paulus VI tahun 1965, sebagai tanggapan atas keinginan para Bapa Konsili Vatikan II untuk tetap menghidupkan semangat kolegialitas yang lahir dari pengalaman konsili. Pengangkatan Suster Natalie Becquart sangat menarik karena untuk pertama kalinya seorang perempuan diangkat dalam posisi itu.

Nathalie Becquart lahir tahun 1969 di Fontainebleau, Prancis. Setelah meraih gelar Magister Manajemen dengan spesialisasi Kewirausahaan di Jouy-en-Josas tahun 1992, dia studi filsafat di Universitas Sorbonne di Paris. Sukarelawan di Beirut, Lebanon (1992-1993) itu kemudian bekerja sebagai Profesor Matematika dan Bahasa Prancis di Sekolah Menengah Katolik dan mengambil kursus filsafat dan teologi di ISSR-St Joseph Jesuit University of Beirut. Kemudian, selama dua tahun dia menjadi konsultan di biro pemasaran dan periklanan untuk LSM dan organisasi-organisasi Kristen di Paris.

Nathalie jadi suster Xaviere, misionaris Kristus-Yesus (Kongregasi Apostolik Spiritualitas Ignasian) Agustus 1995 dan mengucapkan kaul terakhir September 2005. Sejak itu dia pernah jadi Direktur Spiritual untuk Jaringan Orang Muda Ignatian di Prancis, Koordinator Nasional dari Scouts de France, program kepanduan orang muda di daerah perkotaan miskin dan multikultural, Presiden asosiasi Ignatian “Life at Sea, entry into prayer”, Direktur Pelayanan Kampus di Créteil (Universitas Paris Timur), anggota Kantor Pelayanan Orang Muda Keuskupan, Koordinator Keuskupan WYD (2007-2008), Wakil Direktur Pelayanan Nasional untuk Evangelisasi Orang Muda dan Panggilan, yang bertanggung jawab atas reksa pastoral universitas pada Konferensi Waligereja Prancis, Anggota Dewan Keuskupan Nanterre Prancis, dan Wakil Presiden Pelayanan Panggilan Eropa.

Anggota tim persiapan untuk Sinode tentang Orang Muda di Vatikan (2016-2018) itu lalu  menjadi Auditor dalam Sinode Para Uskup tentang “Pemuda, iman dan Pencermatan Panggilan” (Oktober 2018). Sejak itu hingga saat ini Suster Nathalie mengikuti program-program sabatikal Vatikan di CTU (Perhimpunan Teologikal Katolik), di Chicago, AS.

Luis Marín de San Martín lahir di Madrid, Spanyol, 21 Agustus 1961. Dia ucapkan kaul sementara di Ordo Santo Agustinus 5 September 1982 dan kaul kekal 1 November 1985.

Dia belajar Filsafat dan Teologi di Seminario Mayor Tagaste (Los Negrales, Madrid) (1982-1988) dan ditahbiskan imam 4 Juni 1988 oleh Uskup Pembantu Madrid Mgr Francisco José Pérez y Fernández-Golfín. Anggota Ordo Agustinus dari Provinsi San Juan de Sahagún di Spanyol itu menerima Lisensiate dalam Teologi Spiritual dari Universitas Kepausan Comillas di Madrid (1990) dan dalam Teologi Dogmatis dari Universitas Kepausan Gregoriana di Roma (1992). Dia juga Doktor Teologi dari Universitas Kepausan Comillas di Madrid (1998) dengan disertasi tentang eklesiologi Santo Yohanes XXIII, yang dipertahankannya tahun 1995. Ia juga memperoleh diploma dalam Studi Kearsipan (Vatikan, 2011).

Setelah melayani Paroki Nuestra Señora de la Vid, San Sebastián de los Reyes (1988-1990), dia jadi formator di rumah bina Agustinian, Los Negrales (1992-1999). Sementara itu dia juga “in solidum” (mendapat reksa pastoral) paroki-paroki di wilayah Montejo de la Sierra, Madrid (1992-1995), direktur Estudio Teológico Agustiniano Tagaste (1995-1999) dan Centro Teológico San Agustín (1996-1998), serta anggota tim pembinaan di Professorium (1996-1999). Dari tahun 1999 sampai 2002 ia menjadi penasihat provinsi untuk Provinsi Agustinus di Spanyol dan Kepala Paroki dari Paroki Santa Ana dan Paroki la Esperanza (Madrid). Selanjutnya dia menjadi kepala Biara Santa María de la Vid (La Vid, Burgos) dan bekerja sama sebagai formator di novisiat antarprovinsi (2002-2008). Dia juga menjadi profesor di Centro Teológico San Agustín (Los Negrales – San Lorenzo de El Escorial) dan di Estudio Teológico Agustiniano dari Valladolid.

Penulis berbagai buku dan artikel dalam majalah dan publikasi khusus itu juga menjadi sekretaris Institut Sejarah Agustinian (2009-2013) dan sejak 2004 menjadi dosen tamu di Fakultas Teologi Norte de España (Burgos). Dia memimpin banyak retret dan rekoleksi bagi para religius dan awam. Dia juga memimpin retret dan kursus pembinaan berkelanjutan bagi para imam dan telah mengembangkan pelayanan pastoral yang luas dengan kaum awam. Dia telah menjabat sebagai Pengarsip Umum Ordo Santo Agustinus sejak 2008 dan sebagai Asisten Jenderal Ordo Agustinus dan Presiden Institut Spiritualitas Agustinus sejak 2013.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan