Swiss Guard di Vatikan (Vatican Media)
Swiss Guard di Vatikan (Vatican Media)

Tanggal 22 Januari adalah ulang tahun Swiss Guard atau Pengawal Swiss, yang didirikan di bawah Paus Julius II. Tahun ini Pengawal Swiss merayakan 515 tahun.

Pengawal Swiss didirikan oleh Paus Julius II tahun 1506. Pengawal Swiss yang seringkali dijuluki “tentara terkecil di dunia” adalah entitas terpisah dari Angkatan Bersenjata Swiss yang  dipekerjakan oleh Gereja Katolik Roma, di bawah kepemimpinan paus. Mereka bersumpah setia dalam upacara di Pengadilan Belvedere di Vatikan, yang berlangsung setiap tahun, 6 Mei, yang merupakan hari peringatan Penjarahan Roma tahun 1527. Saat itu, lebih dari 150 Pengawal Swiss terbunuh saat membela Paus Clement VII, yang melarikan diri ke Castel Sant’Angelo dengan dikawal oleh 22 penjaga yang tersisa.

Mereka berasal dari Swiss karena di Abad Pertengahan, Swiss mendapatkan reputasi sebagai tentara bayaran paling andal di Eropa. Paus Julius II, yang telah lama mengagumi tentara Swiss yang membela Raja Prancis, lalu meminta 200 tentara bayaran Swiss milik raja itu untuk digunakan sebagai pengawal dan mempertahankan istananya. Setelah berbulan-bulan berbaris, 150 pengawal Swiss tiba di Roma, 21 Januari 1506, untuk melayani Paus.

Tahun 2015 kontingen itu, dari 110 penjaga menjadi 135 untuk memenuhi permintaan. Setiap rekrutan harus menyelesaikan, pertama-tama, pelatihan militer di Swiss. Pelatihan itu dilanjutkan dengan kursus pelatihan induksi selama lima minggu di Roma, dan akhirnya periode yang didedikasikan untuk pelatihan menggunakan senjata utama yang digunakan tentara bayaran di abad ke-16. Setelah ini, para penjaga dilantik dan keluarga mereka diundang dalam audiensi pribadi dengan Paus. Bersama dengan Gendarmerie Kepausan, Pengawal Swiss bertanggung jawab untuk memastikan keselamatan Paus baik di dalam maupun di luar Vatikan dan untuk mendampingi Paus Fransiskus saat ia bergerak di antara umat.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

1 komentar

  1. hopely all the Pope Gurd is always Honest, obeydien and health..and please safely Pope with Lord Jesus faith n Hail Marry Mother…amen

Tinggalkan Pesan