© Musei Vaticani
Gambar Pembaptisan Kristus. Pembaptisan Kristus, sekolah Rusia (abad ke-15-16), tempera di atas poplar dengan tempelan lapisan logam © Musei Vaticani

“Penggambaran kelahiran Yesus itu sendiri merupakan pewartaan sederhana dan penuh sukacita tentang misteri Inkarnasi Putra Allah.” Kata-kata Paus Fransiskus ini mengenang betapa kelahiran Yesus telah menginspirasi generasi para seniman sepanjang sejarah untuk menginjili melalui keindahan. Setiap minggu, Museum Vatikan dan Vatican News  mempersembahkan sebuah mahakarya dari koleksi-koleksi kepausan, yang disertai renungan dari para Paus.

Gambar Pembaptisan Kristus. Pembaptisan Kristus, sekolah Rusia (abad ke-15-16), tempera di atas poplar dengan tempelan lapisan logam© Musei Vaticani

Dalam ikon tradisi Rusia ini, Pembaptisan itu digambarkan sesuai kanon Bizantium, tetapi dengan ciri-ciri esensial. Yesus, yang telanjang di Sungai Yordan di tengah bebatuan besar, mendominasi pemandangan, sementara Yohanes Pembaptis meletakkan tangan di atas kepala Yesus dan tiga malaikat menunggu di sebelah kanan untuk mengenakan pakaian kepada-Nya. Penutup-penutup logam menyoroti lingkaran cahaya dan bagian tengah latar belakang, di mana terlihat sinar dari Roh Kudus.

© Musei Vaticani
© Musei Vaticani

“Dalam Pembaptisan, setiap orang Kristen secara pribadi menemui Dia; dimasukkan ke dalam misteri kematian dan kebangkitan Kristus dan menerima kehidupan baru, yaitu kehidupan Allah. Sungguh sebuah karunia yang luar biasa dan sungguh sebuah tanggung jawab yang besar!”

(Santo Pausn Yohanes Paulus II, Pesta Pembaptisan Tuhan, 2003)

Di bawah arahan Paolo Ondarza
#BeautyThatUnites
Instagram: @vaticanmuseums @VaticanNews
Facebook: @vaticannews

Tinggalkan Pesan