Paus Fransiskus saat merayakan Misa Malam Natal 24 Desember 2019  (Vatican Media)
Paus Fransiskus saat merayakan Misa Malam Natal 24 Desember 2019 (Vatican Media)

Kantor Pers Vatikan merilis rincian komitmen Paus Fransiskus untuk perayaan Natal dan Tahun Baru di Vatikan dengan mengatakan bahwa Kalender Natal dan Tahun Baru Paus Fransiskus tidak terkecuali dalam mematuhi langkah-langkah pencegahan pandemi saat ini, maka Misa Malam Natal diantisipasi berlangsung hingga pukul 19.30 waktu Roma dan peranserta langsung dalam semua upacara Natal dan Tahun Baru Vatikan akan sangat terbatas.

Komunike yang dirilis Kantor Pers Vatikan 10 Desember mengungkapkan, upacara-upacara Natal dimulai dengan Misa Malam Natal, 24 Desember, di Basilika Santo Petrus. Misa itu akan diikuti pemberkatan “Urbis et Orbi” pada Hari Natal siang hari, sedangkan hari Kamis, 31 Desember, Paus akan merayakan Vesper Pertama dan Te Deum sebagai ucapan syukur untuk setahun terakhir pada pukul 5 sore di Basilika Santo Petrus.

Jumat, 1 Januari, Hari Raya Santa Maria Bunda Allah dan Hari Perdamaian Sedunia ke-54, Paus akan memimpin Misa di Basilika Santo Petrus pukul 10 pagi. Akhirnya, di Hari Raya Penampakan Tuhan (Epifani), 3 Januari 2021, Misa akan dirayakan pukul 10 pagi di Basilika Santo Petrus Vatikan. Semua waktu itu mengacu pada waktu Roma.

Sesuai langkah-langkah perlindungan Covid-19, komunike itu menetapkan, hanya sejumlah kecil peserta akan hadir, dan mereka akan diskrining sesuai metode yang digunakan beberapa bulan terakhir untuk mengekang penyebaran virus. Tentunya semua perayaan akan disiarkan langsung di media dan disiarkan langsung di platform media sosial.

Sebelum libur, Paus akan memimpin Misa untuk peringatan 125 tahun Penobatan Bunda Maria dari Guadalupe di Basilika Santo Petrus, Sabtu, 12 Desember. Atas mandat Paus, Penitensaria Apostolik telah memperluas kemungkinan memperoleh indulgensi penuh bagi umat seluruh dunia yang ikut Misa itu dari rumah.(PEN@ Katolik/paul c pati/Vatican News)

Tinggalkan Pesan