Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa
Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa

Bacaan Injil hari Sabtu, 28 November 2020 (Lukas 21:34-36) sangatlah singkat tetapi memiliki pesan mendalam. Setelah hampir satu minggu diingatkan tentang akhir dunia, kita diminta untuk terus berharap dan percaya kepada Tuhan. Hari ini, pesan begitu mendalam yang tidak boleh kita lupakan sebagai orang beriman disampaikan oleh Yesus, ketika dunia menawarkan banyak kenikmatan dan keindahan yang terkadang membuat kita terlena bahkan lupa diri. Kita diingatkan kembali bahwa apa yang ada ternyata semu dan dapat membuat kita jatuh dalam dosa.

Terkadang kenikmatan akan godaan-godaan yang ada perlahan dan pasti membuat kita semakin jauh dari Tuhan. Tanpa disadari kita terjerumus dalam dosa dan sulit untuk bangkit lagi. Karena kelemahan dan kekurangan, akhirnya kita tidak lagi ingat akan Tuhan. Yesus mengingatkan sekali lagi agar kita tidak terlena dengan hal-hal tersebut tetapi untuk terus bertekun dan berusaha tidak terjatuh pada godaan-godaan itu. Memang tidak mudah dan rasanya sulit untuk menjauhkan diri dari godaan. Tetapi, kalau kita sungguh berusaha dan memohon rahmat-Nya lewat doa, Allah akan memberi kita kekuatan.

Sahabat, doa dan sadar akan kelemahan menjadi kata kunci hari ini. Manusia sering dan mudah jatuh dalam dosa karena kelemahannya. Menyadari kelemahan itu, kita harus memohon kekuatan dan rahmat Allah. Dengan begitu, doa menjadi senjata ampu untuk melawan godaan-godaan yang ada. Dengan kekuatan sendiri kita tidak mampu, tetapi bersama Allah tidak ada yang tidak mungkin. (FRAY.EL.OP)

Tinggalkan Pesan