Peresmian Pohon dan Kandang Natal di Lapangan Santo Petrus Vatikan tahun 2019 (Vatican Media)
Peresmian Pohon dan Kandang Natal di Lapangan Santo Petrus Vatikan tahun 2019 (Vatican Media)

Virus tidak menghentikan semangat Natal. Bahkan di saat ini lebih penting untuk tetap bersatu dan berempati dengan saudara dan saudari kita sampai kehidupan normal kembali. Itulah yang sebenarnya dilambangkan oleh penampilan Natal Vatikan tahun ini yakni harapan, kepercayaan, cinta, keluarga, dan kesadaran bahwa Yesus akan datang di antara umat-Nya untuk menyelamatkan dan menghibur mereka, tulis Vatican News, 31 Oktober.

Seperti biasa, lanjut media itu, tanggal 11 Desember pukul 16.30, sesuai peraturan anti Covid-19, akan diresmikan Kandang Natal, yang disumbangkan oleh sebuah kota dari Italia bernama Castelli, pelopor industri keramik sejak abad ke-16, dan Pohon Natal, pohon cemara (Picea abies) setinggi 28 meter dari dari Kočevje, di Slovenia.

Upacara itu akan dipimpin Kardinal Giuseppe Bertello dan Uskup Fernando Vérgez Alzaga, masing-masing Presiden dan Sekjen Pemerintahan Negara Kota Vatikan. Di hari yang sama, di pagi hari, delegasi dari Castelli dan Kočevje akan diterima dalam audiensi oleh Paus Fransiskus untuk presentasi resmi hadiah-hadiah itu.

Kandang Natal Monumental itu terdiri dari patung-patung keramik. Ini karya para murid dan guru Institut Seni “F.A. Grue,” sekolah menengah seni untuk desain di Italia saat ini, yang, pada dekade 1965-1975, mendedikasikan kegiatan pengajarannya pada tema Natal.

Lapangan Santo Petrus hanya akan melihat sebagian dari koleksi bahan pecah belah yang dipamerkan yang terdiri dari 54 patung.

Pohon cemara berasal dari Kočevje, sebuah kota di sungai Rinža. Wilayah Kočevsko adalah salah satu wilayah Slovenia yang alamnya paling lengkap, karena hutan menutupi 90% wilayahnya. Sejak zaman kuno wilayah itu menjadi simbol kesuburan dan dalam tradisi populer wilayah itu sering digunakan dalam acara-acara seperti untuk pesta 1 Mei atau perayaan Natal.

Pohon cemara tertinggi di Eropa, “Sgermova smreka” berukuran 61,80 meter dan terletak di Pohorje massif (pegunungan Pohorje) di Slovenia. Pohon berusia sekitar 300 tahun itu memiliki panjang keliling 3 meter dan 54 sentimeter serta garis tengah lebih dari satu meter.

Pohon dan Kandang Natal itu akan dipajang hingga akhir masa Natal, yang bertepatan dengan Pesta Pembaptisan Tuhan, Minggu 10 Januari 2021.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan