Mau hujan

Orang-orang yang hidup di zaman dahulu begitu cepat dapat mengenali tanda-tanda alam. Mereka tahu kapan akan hujan, atau kapan akan terjadi musibah. Hanya dengan melihat langit mereka langsung dapat membaca situasi. Orang-orang zaman sekarang, dengan melihat berita di media massa mereka cepat juga tahu apa yang telah terjadi. Tetapi, walaupun tahu apa yang terjadi, terkadang orang-orang zaman sekarang sulit memahami dan mengerti tanda-tanda zaman.

Hari ini Jumat, 23 Oktober 2020, dalam bacaan Injil (Lukas 12:54-59) Yesus mengundang kita untuk semakin peka dengan situasi dan kondisi di sekitar kita. Hidup yang kita jalani biasanya kurang kita maknai. Kadang kita kurang peka dengan apa yang terjadi, kita seakan-akan seperti bola yang bergelinding yang terkadang hanya menjalani hidup ini tanpa mengerti dan memaknai. Hari ini kita diajak untuk semakin peka dengan apa yang kita hadapi, apa yang kita alami, dan apa yang kita lihat di sekitar kita. Kita diajak merasakan bagaimana Tuhan juga ambil andil dalam hidup kita, bagaimana kita bisa merasakan bahwa setiap langka dan nafas kita memiliki makna, bukan hanya seperti hal yang kebetulan. Kita diajak untuk merefleksikan apa yang kita alami, sehingga apa yang ada memiliki makna dan kita menjadi mudah bersyukur dan merasakan Allah yang hadir dalam hidup ini.

Sahabat yang terkasih, hidup kita terkadang terlalu sibuk dengan aktivitas dan kegiatan yang terkadang membuat kita sulit merasakan kebaikan dan kehadiran Allah. Kita diundang untuk masuk dalam keheningan dan ketenangan untuk semakin peka dan sadar akan apa yang kita kerjakan. Dengan demikian yang kita kerjakan bukanlah sebuah rutinitas tetapi sebuah makna, dan kita sungguh menemukan Tuhan dalam setiap kegiatan kita. Selamat berproses dan menemukan serta menghadirkan Tuhan dalam setiap hal di dalam hidup ini.

FRAY.EL.OP

Tinggalkan Pesan