Fratelli tutti
Paus Fransiskus menandatangani ensiklik baru “Fratelli Tutti”

Untuk kelima kalinya dalam masa kepausannya Paus Fransiskus pergi Assisi. Di sana, di atas makam Santo Fransiskus dari Assisi, setelah merayakan Misa Kudus, pada peringatan kematian orang kudus itu, 4 Oktober, Paus menandatangani ensiklik barunya “Fratelli tutti”. Ensiklik tentang persaudaraan dan persahabatan sosial itu terinspirasi oleh Santo Fransiskus seperti halnya ensiklik keduanya, Laudato si’, tentang perawatan rumah kita bersama, yang diterbitkan lima tahun lalu.

Paus datang ke Assisi dengan mobil. Yang menyambut Paus ketika ia tiba di Assisi adalah Uskup Assisi-Nocera Umbra-Gualdo Tadino Mgr Domenico Sorrentino, Wakil Paus untuk Basilika Santo Fransiskus dan Santa Maria dari para Malaikat di Assisi Kardinal Agostino Vallini, guardian Biara Fransiskan, juga dikenal sebagai Sacro Convento, Pastor Mauro Gambetti, dan juru bicara Biara Fransiskan Pastor Enzo Fortunato.

Sekitar 20 biarawan dan beberapa religius wanita hadir untuk Misa Kudus di ruang bawah tanah Basilika ke-13 yang menyimpan jenazah Santo Fransiskus. Sesudah Bacaan Injil, Bapa Suci hening beberapa menit dan kemudian melanjutkan perayaan Misa.

Pada penutup Misa, Paus mengajak Mgr Paolo Braida dari Bagian Pertama Sekretariat Negara untuk membawa salinan ensiklik yang dia terjemahkan itu untuk ditandatangani. “Dia yang mengurus segalanya,” lanjut Paus. “Itulah alasannya saya ingin dia hadir di sini, hari ini, dan akan membawa Ensiklik itu kepada saya.”

Paus juga memperkenalkan dua imam yang juga bekerja di Bagian Pertama Sekretariat Negara. Pastor Antonio menerjemahkan ensiklik itu ke dalam bahasa Portugis dari bahasa aslinya, Spanyol, dan kedua, Pastor Cruz, mengurus semua terjemahan dari bahasa asli Spanyol.

“Saya lakukan ini sebagai tanda terima kasih kepada seluruh Bagian Pertama Sekretariat Negara yang mengerjakan terjemahan itu,” kata Paus yang di akhir Misa secara singkat mengunjungi komunitas Fransiskan di biara Sacro Convento yang menempel di Basilika itu.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Suster Bernadette Mary Reis fsp/Vatican News)

Artikel Terkait:

Paus akan tandatangani ensiklik baru berjudul ‘Semua saudara” 3 Oktober di Assisi

Paus ensiklik Fratelli tuttiFratelli tutti 1

1 komentar

  1. Semoga seluruh umat manusia di bumi ini sungguh menyadari bahwa kita semua adalah SAUDARA sebagai implementasi dari Ensiklik Bapa PAUS pada 3 Oktober 2020. Terima kasih Bapa PAUS.

Tinggalkan Pesan