Basilika Santo Fransiskus Assisi
Basilika Santo Fransiskus Assisi

Paus Fransiskus akan mengunjungi kota Assisi di Italia tanggal 3 Oktober 2020 untuk menandatangani ensiklik baru, demikian pernyataan yang dirilis 5 September oleh Direktur Kantor Pers Takhta Suci, Matteo Bruni. Ensiklik yang berjudul Fratelli tutti atau “Semua Saudara” itu, jelasnya, adalah tentang persaudaraan dan persahabatan sosial.

Judul, yang versi resmi bahasa Inggris belum dirilis, mengacu pada tulisan Santo Fransiskus, “Marilah saudara sekalian, kita memandang Gembala Baik yang telah yang telah menanggung sengsara salib untuk menyelamatkan domba-domba-Nya” (Petuah, 6, 1: FF155).

Bapa Suci akan tiba di Assisi pada sore hari. Di sana Paus akan merayakan Misa Kudus di Makam Santo Fransiskus dan dilanjutkan dengan penandatanganan ensiklik itu. Kunjungan itu akan berlangsung secara pribadi, tanpa partisipasi umat beriman.

Dalam sebuah pernyataan, Uskup Assisi Mgr Domenico Sorrentino mengatakan bahwa kota itu menunggu kunjungan Paus dengan “penuh keinginan dan perasaan syukur.” Sikap Paus Fransiskus ini, kata uskup itu, “memberi kita keberanian dan kekuatan baru untuk ‘memulai kembali’ atas nama persaudaraan yang mempersatukan kita semua.”

Judul ensiklik baru Paus itu mengingatkan tema sentral magisteriumnya. Di malam terpilihnya sebagai paus, 13 Maret 2013, Paus Fransiskus pertama kali menyapa dunia dengan kata “saudara-saudara.”

Tema persaudaraan juga hadir dalam dekapannya yang konstan terhadap para migran, yang dicontohkan dengan kunjungan pastoralnya ke Lampedusa.

Penandatanganan Dokumen tentang Persaudaraan Manusia di Abu Dhabi tahun 2019 menandai satu lagi contoh dedikasi Paus Fransiskus untuk mempromosikan cinta persaudaraan.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

 

Tinggalkan Pesan