Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus
Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus

Setiap kali keluarga kami pergi ke Lembang, Jawa Barat, kami pasti menyempatkan diri mampir ke Pertapaan Karmel OCD, sekedar untuk berdoa dan menikmati ketenangan suasana biara. Ketika saya masuk seminari, kami tidak hanya singgah untuk berdoa, tetapi juga berkunjung dan bercengkerama dengan Suster Aurelia OCD, yang semenjak itu menjadi pendoa dan ibu rohani bagi saya.

Suster Aurelia juga mengenalkan Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus kepada saya. Saya pun mulai memiliki devosi dan kedekatan dengan Karmel. Dalam kesederhanaan, Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus bisa menemukan Tuhan dan cinta kepada sesama.

Walaupun sebagai suster kontemplatif, ia menjadi pelindung misi dan para misionaris. Karena cintanya kepada para imam dan calon imam, ia selalu berdoa agar mereka tetap setia akan panggilan mereka. Hal ini juga yang saya alami ketika berjumpa dengan Suster Aurelia OCD, ibu rohani dan pendoa yang mendukung dan mendoakan saya agar tetap setia hingga hari ini.

Bagi Santa Theresia, Tuhan hadir dan nyata pada hal-hal sederhana yang kita lakukan dalam hidup sehari-hari. Menurut orang kudus itu, mau melakukan hal-hal sederhana dan kecil di mata orang adalah jalan menuju kesucian.

Sahabat yang terkasih, bacaan Injil, Kamis, 1 Oktober 2020,  Pesta Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus (Mat. 18:1-4) mengajak kita menjadi anak kecil yang polos dan tampil apa adanya. Inilah yang dicontoh oleh Santa Theresia, yang sungguh menjadi anak kecil di hadapan Tuhan dengan segala kepolosan dan apa adanya.

Semoga kita juga bisa mencontoh Santa Theresia dalam menjalani hidup ini, dalam kesederhanaan dan kesetiaan dengan apa yang kita lakukan dan sungguh tulus hadir apa adanya di hadapan Tuhan. Santa Theresia dari Kanak-Kanak Yesus, Doakanlah kami!(FRAY.EL.OP)

Tinggalkan Pesan