OMK

Hallo teman teman OMK! Acara puncak sekaligus menutup rangkaian Pertemuan Virtual Orang Muda Katolik Indonesia (Virtual Youth Day, VYD) 2020 bertema “Berakar, Mekar, Berbuah” dilaksanakan 28-29 Agustus 2020. Acara dimulai hari ini Jumat 28 Agustus dengan Misa dan Selebrasi yang disiarkan langsung dari Gereja Katedral Santa Gemma Gelmani Ketapang. Misa akan dipimpin Ketua Komisi Kepemudaan Konferensi Waligereja Indonesia (Komkep KWI) Mgr Pius Riana Prapdi.

Hari kedua VYD 2020, besok Sabtu, 29 Agustus, adalah selebrasi yang akan menampilkan berbagai seni pertunjukan dari perwakilan OMK se-Indonesia dan talkshow terkait tema VYD 2020 “Berbuah” yang akan mengajak peserta untuk mau dan memampukan diri untuk terus berproses hingga mencapai sebuah keberhasilan.

“Saya memahami, rekan-rekan muda hidup di dunia yang kadang tidak mudah. Ada kondisi permusuhan, kejahatan terorganisasi, kesulitan lapangan pekerjaan, perbudakan, persekusi, kriminal, narkoba, terorisme, pandemi, kesulitan dalam pendidikan, kesulitan internet dan sebagainya. Berbagai tuntutan membuat kalian, orang muda, tertekan dan stress. Saya memahami itu semua tidak mudah. Tapi ingatlah Yesus yang tersalib tidak mengajari kita untuk menyerah. Ia tetap menjalani dan menapaki perjalanan hidup dan salibnya sampai final,” kata Mgr Pius dalam siaran pers yang diterima media ini.

VYD 2020 adalah hari pertemuan OMK se-Indonesia yang diselenggarakan secara daring atau online. Kepanitiaan VYD 2020 terdiri dari perwakilan OMK se-Indonesia, peserta kegiatan Duta Youth Camp 2018 yang diselenggarakan oleh Komkep KWI.

Kegiatan Komkep KWI yang diselenggarakan pertama kalinya di Indonesia dan di saat pandemi Covid-19 melanda dunia khususnya Indonesia ini bertujuan “untuk mengobati kerinduan OMK untuk tetap berdinamika di tengah keterbatasan karena pandemi korona. Selain itu, diharapkan kegiatan ini mampu memberikan semangat dan harapan baru bagi OMK untuk terus bergerak, membuat perubahan dan melayani.”

VYD sudah dimulai sejak 14 Agustus dan akan berakhir 29 Agustus. Kegiatan secara daring melalui media sosial dan media digital seperti WhatsApp, Youtube dan Zoom Meeting itu melibatkan OMK dari 37 keuskupan di seluruh Indonesia ini.

“OMK terus berproses dan berdinamika dan saling berbagi kisah, harapan atau pun kiat di antara mereka, serta berkomitmen untuk menjadi pribadi yang lebih baik, pribadi yang unggul dan pribadi yang berhasil untuk dirinya, keluarga, masyarakat serta demi kemuliaan Tuhan,” tulis siaran pers itu.

Sesuai VYD 2020 “Mengakar, Mekar dan Berbuah,” peserta sudah diajak untuk lebih mengenal diri, menghargai dirinya sebagai pribadi yang istimewa, dan melangkah maju dengan mengembangkan diri dimulai dari apa yang ada di dalam diri.

Tujuan acara itu mengajak OMK untuk berani keluar dan menghasilkan buah-buah keberhasilan. Bersama dengan tema ini pula, OMK diajak untuk “mau dan mampu menghadapi serta melewati berbagai tantangan yang sedang dialami OMK dewasa ini di masa mudanya. Lewat perjumpaan di antara OMK, dari berbagai daerah, yang dikumpulkan dalam satu grup via WhatsApp diharapkan mereka dapat berbagi pengalaman, refleksi iman maupun wawasan.” Dan harapannya, kegiatan ini memperkokoh komitmen diri untuk berproses dan bertumbuh demi masa depan OMK yang lebih baik.

VYD 2020 dimulai dengan Pre-event NGOPI (Ngobrol Pintar) sebanyak dua kali 17 Agustus dan 23 Agustus, yang mengajak peserta untuk belajar bersama tentang “Mengakar” yang mengajak peserta untuk bisa lebih mengenal diri dan menentukan pilihan, dan tentang “Mekar” yang mengajak peserta mengolah diri, berefleksi dan membuat pilihan menjadi aksi.

Untuk kamu yang belum daftarkan diri, daftarkan dirimu di https://cutt.ly/pesertaVYD
Pendaftaran akan terus kami buka sampai tanggal 29 Agustus 2020!(PEN@ Katolik/paul c pati)

Tinggalkan Pesan