Pemandangan kubah Basilika Santo Petrus
Pemandangan kubah Basilika Santo Petrus

Dengan Surat Apostolik Fidelis dispensator et prudens, 24 Februari 2014, Paus Fransiskus membentuk Dewan Ekonomi yang bertugas mengawasi pengelolaan ekonomi struktur-struktur, bersama kegiatan-kegiatan administrasi dan keuangan, dari Dikasteri-Dikasteri Kuria Romawi, serta Lembaga-Lembaga yang terkait dengan Takhta Suci dan Negara Kota Vatikan.

Dewan itu terdiri dari lima belas anggota, delapan di antaranya dipilih dari antara para Kardinal dan Uskup, untuk mencerminkan universalitas Gereja. Tujuh lainnya adalah ahli dari berbagai negara, dengan keahlian keuangan dan kredensial profesional yang diakui.

Uskup Agung Munich dan Freising Kardinal Reinhard Marx akan tetap menjadi koordinator Dewan Ekonomi itu. Uskup Agung Durban Kardinal Wilfrid Foix Napier juga akan tetap menjadi anggota sampai ulang tahunnya yang ke-80.

Anggota-anggota baru

Tanggal 6 Agustus 2020, Paus Fransiskus mengangkat para Kardinal berikut: Uskup Agung Esztergom-Budapest Kardinal Péter Erdő, Uskup Agung São Paulo Kardinal Odilo Pedro Scherer, Uskup Agung Québec Kardinal Gérald Cyprien Lacroix, Uskup Agung Newark Kardinal Joseph William Tobin, Uskup Stockholm Kardinal Anders Arborelius, dan Uskup Agung L’Aquila Kardinal Giuseppe Petrocchi.

Paus juga memasukkan orang-orang awam berikut ke dalam Dewan itu: Charlotte Kreuter-Kirchhof, Eva Castillo Sanz, Leslie Jane Ferrar, Marija Kolak, Alberto Minali, María Concepción Osákar Garaicoechea, dan Ruth Maria Kelly.

Biografi singkat dari para anggota awam:

Prof. Dr. Charlotte Kreuter-Kirchhof (Jerman)

Belajar Hukum di Universitas Heidelberg, Genf dan Tubingen. Sejak 2016 Profesor Hukum Publik Jerman dan Asing, Hukum Internasional dan Eropa di Fakultas Yurisprudensi, Universitas Heinrich-Heine Dusseldorf. Ketua Asosiasi Hildegaris, sebuah gerakan wanita Katolik di Jerman yang mendukung para pelajar wanita yang membutuhkan.

Dr. Marija Kolak (Jerman)

Memiliki karir luar biasa dalam Berliner Volksbank. Di bank itu dia memegang berbagai posisi. Mengikuti Program Manajemen Lanjutan di Harvard Business School, Boston AS, dan saat ini menjabat sebagai Presiden Bundesverbandes der Deutschen Volksbanken und Raiffisenbanken, Berlin. Menikah dan memiliki tiga anak.

Maria Concepcion Osacar Garaicoechea (Spanyol)

Lahir di Lecaroz, Navarra, Spanyol. Mitra pendiri Azora Group dan Presiden Dewan Azora Capital dan Azora Gestion, SGIIC. Azora adalah manajer investasi independen yang berbasis di Spanyol, yang mengkhususkan diri real asset dan energi. Pengawas ICO Foundation (Official Credit Institute), anggota Dewan Pengurus APD (Asosiasi kemajuan manajemen). Anggota Dewan Penasihat Think Tank Institucion Futuro. Sebelumnya dia adalah Wakil Presiden Santander Central Hispanico Activos Immobiliarios dan Presiden Banif Immobiliaria serta Presiden INVERCO (Asosiasi Lembaga Investasi Kolektif dan Dana Pensiun) dan anggota Dewan Banca Civica. Dia memiliki gelar sarjana hukum dari Universitas Autonoma de Madrid, gelar MBA dari IE dan PDG IESE dari Universitas Navarra. Menikah dan memiliki dua orang putri.

Eva Castillo Sanz (Spanyol)

Memperoleh gelar Sarjana Hukum dan Studi Bisnis dari Universitas Kepausan Comillas (E-3) di Madrid, Spanyol. Saat ini menjabat Dewan Direksi Bankia S.A, Dewan Direksi Zardoya Otis S.A, dan Dewan Pengawas Fundación Comillas-ICAI dan Fundación Entreculturas. Sebelumnya pernah jadi anggota Dewan Direksi Telefónica, S.A; Presiden Dewan Pengawas Telefónica Deutschland Holding, AG; anggota Dewan Pengawas Fundación Telefónica; Presiden dan CEO Telefónica Europa; anggota Komite Eksekutif Telefónica, S.A; dan Presiden Dewan Pengawas Telefónica Republik Ceko, a.s. Dia juga pernah bertindak sebagai Direktur Independen Visa Europe Limited dan Old Mutual, Plc., dan Direktur Merrill Lynch Private Banking untuk Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA); serta Presiden Merrill Lynch Spanyol dan Portugal.

Ruth Mary Kelly (Inggris Raya)

Dia bertugas di Pemerintahan Buruh antara 2004-2008 sebagai Sekretaris Negara untuk Pendidikan dan kemudian bergabung dengan HSBC Global Asset Management sebagai Global Head of Client Strategy. Dia saat ini memegang posisi Pro Vice Chancellor for Research and Enterprise di Universitas Santa Maria Twickenham di London barat daya.

Lesile Jane Ferrar (Inggris Raya)

Komandan Royal Victorian Order itu adalah Bendahara untuk Charles, Prince of Wales, dari Januari 2015 hingga Juli 2017. Dia dididik di Harvard Business School dan University of Durham. Saat meninggalkan Rumah Tangga Kerajaan dia telah berpengalaman dalam sejumlah peran Non-Eksekutif dan Pengawas.

Alberto Minali (Italia)

Lahir di Verona tahun 1965, menerima gelar Laurea dari Bocconi di Ekonomi Politik, serta berspesialisasi di Universitas Yale dan Universitas Brandeis, Boston. Pernah menjabat sebagai Director General and Chief Investment Financial Officer dari ‘Gruppo Generali’ dan Chief Investment Officer dari Eurizon Group. Dia juga mantan CEO dari Gruppo Cattolica Assicurazioni.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan