Foto arsip Festival Medogorje ke-25 tahun 2014 dati Pansion Turudic Medjogorje
Foto arsip Festival Medogorje ke-25 tahun 2014 dari Pansion Turudic Medjogorje

Festival Orang Muda Internasional tahunan diadakan di Tempat Ziarah Maria di Medjugorje dari 31 Juli hingga 6 Agustus. Lebih dari 50.000 orang muda dan 400 imam turun setiap tahun ke kota Bosnia dan Herzegovina untuk mendapat kesempatan meningkatkan kehidupan rohani mereka melalui doa, adorasi, kesaksian, dan musik.

Paus Fransiskus terlibat dalam aksi tahun ini dengan mengirimkan pesan yang mendorong orang muda Katolik (OMK) untuk mengizinkan Yesus mengubah hidup mereka. Festival itu, kata Paus adalah momen khusus “doa, katekese, dan persaudaraan,” dengan mengatakan festival itu, “memberikan kesempatan kepada kalian semua untuk bertemu Yesus Kristus, khususnya dalam Ekaristi dan Sakramen Rekonsiliasi, di mana Ia dimuliakan dan disembah.”

OMK, lanjut Paus, bahkan dapat menemukan cara baru untuk hidup, yang berbeda dengan yang ditawarkan oleh budaya kita yang dangkal, yang menurutnya tidak ada yang bisa definitif dan satu-satunya yang penting adalah menikmati saat ini.” Paus mengatakan festival di Medjugorje tahun ini mengundang OMK untuk “Datang dan Lihat.”

“Jangan takut!” desak Paus kepada mereka. “Kristus hidup dan menginginkan agar Anda masing-masing hidup. Dialah kecantikan sejati dan OMK dunia ini.” Paus mengatakan, Yesus memperbaharui kita ketika kita berjumpa dengan-Nya. “Kita menerima misi untuk menularkan pengalaman ini kepada sesama, sambil menjaga mata kita tetap tertuju kepada-Nya.” Dan Paus mendesak OMK untuk meluangkan waktu bersama Tuhan dalam doa guna menemukan petualangan hidup sejati.

Paus kemudian merenungkan bagaimana Perawan Maria bertindak sebagai model bagi mereka yang mengikuti Yesus. Jawaban “Ya” dari Maria, kata Paus, “termasuk menempatkan diri kita pada jalur dan mengambil risiko, tanpa jaminan selain kepastian menjadi pembawa janji.” Contoh dari Bunda Maria, lanjut Paus, menunjukkan kepada kita keindahan hidup kalau kita mempercayakan diri kita secara bebas ke tangan Tuhan. “Semoga teladannya menawan dan membimbing kalian!”

Paus meminta OMK yang hadir dalam festival Medjugorje untuk memperkaya Gereja dengan antusiasme, intuisi, dan iman mereka. “Saya mempercayakan kalian semua pada perantaraan Perawan Maria yang Terberkati, dan saya memohon cahaya dan kekuatan Roh, sehingga kalian bisa menjadi saksi sejati bagi Kristus.”(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Devin Watkins/Vatican News)

Tinggalkan Pesan