Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo (PEN@ Katolik/pcp)
Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo (PEN@ Katolik/pcp)

Paus Fransiskus mengangkat beberapa kardinal jadi anggota baru Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama. Selain Prefek Kongregasi Evangelisasi Bangsa-Bangsa Kardinal Luis Antonio Tagle dan Wakil Sekretaris Bagian Migran dan Pengungsi dari Dikasteri untuk Peningkatan Pengembangan Manusia Integral Kardinal Michael Czerny SJ, yang juga diangkat adalah Uskup Agung Jakarta dan Ordinat Militer Indonesia Kardinal Ignatius Suharyo, Uskup Agung Bangui Kardinal Dieudonné Nzapalainga, Vikaris Apostolik Vientiane Kardinal Louis-Marie Ling Mangkhanekhoun, dan Uskup Agung Luksemburg Kardinal Jean-Claude Höllerich.

Pengumuman pengangkatan itu dilakukan hari Rabu, 8 Juli 2020, di Vatikan. Dewan Kepausan itu adalah kantor pusat Gereja untuk meningkatkan dialog antarumat beragama sesuai semangat Konsili Vatikan Kedua, khususnya deklarasi Nostra aetate.

Dewan itu bertanggung jawab untuk meningkatkan saling pengertian, rasa hormat, dan kerja sama antara umat Katolik dan pengikut tradisi keagamaan lainnya, mendorong studi agama, dan meningkatkan pembinaan yang berdedikasi untuk dialog.

Hari itu juga diangkat juga sejumlah uskup dari seluruh dunia menjadi anggota Dewan itu yakni Uskup Agung Winnipeg dari Ukraina Mgr Lawrence Huculak, Uskup Agung Vasai Mgr Felix Anthony Machado, Uskup Agung Tiranë-Durrës Mgr George Frendo, Uskup Agung Mandalay Mgr Mark Tin Win, Uskup Agung Marseille Mgr Jean-Marc Aveline, Uskup Kyōto Mgr Paul Yoshinao Otsuka, Uskup Kiayi Mgr Thomas Chung An-zu, Uskup Allahabad Mgr Raphy Manjaly, Uskup Frosinone-Veroli-Ferentino Mgr Ambrogio Spreafico, Uskup Bathurst Mgr Michael Joseph McKenna, Uskup tituler Lidda Mgr William Hanna Shomali, Uskup tituler Legia Mgr Denis Chidi Isizoh, Uskup Nottingham Mgr Patrick Joseph McKinney, Uskup tituler Bardstown Mgr James Massa, Uskup Agung Aljazair Mgr Paul Desfarges, dan Uskup Xuân Lôc Mgr Joseph Đình Đúc Đao.

Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antarumat Beragama saat ini adalah Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot, yang telah memegang jabatan itu sejak 25 Mei 2019. Seorang imam asal Indonesia yang sudah berkarya di Dewan itu selama 12 tahun adalah Pastor Markus Solo SVD.

Sehari sebelumnya, tepatnya 7 Juli 2020, Kardinal Suharyo sebagai Uskup Agung Jakarta mengangkat kembali Pastor Samuel Pangestu Pr sebagai Vikaris Jenderal Keuskupan Agung Jakarta untuk masa bakti tiga tahun mulai 1 Agustus 2020.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Ignatius-Kardinal-Suharyo-5

 

Tinggalkan Pesan