Giliran Rosario Tahunan Sedunia untuk Pengudusan Para Imam (AFP)
Giliran Rosario Tahunan Sedunia untuk Pengudusan Para Imam (AFP)

Pada Hari Raya hati Kudus Yesus Yang Mahakudus, 19 Juni 2020, orang-orang seluruh dunia berkumpul untuk Giliran Rosario Tahunan Sedunia, yang sekarang memasuki tahun kesebelas. Paus Fransiskus sendiri sudah memberikan Berkat Apostoliknya bagi semua orang yang ambil bagian dalam acara Rosario yang tahun ini jatuh pada hari ini, Hari Doa Sedunia untuk Pengudusan Para Imam.

Kelompok Rosario Sedunia (Global Rosary Relay) adalah prakarsa Worldpriest Global Apostolate yang didirikan oleh Marion Mulhall, seorang profesional dunia periklanan, dengan tujuan memberikan dukungan doa bagi para imam di seluruh dunia.

Berdasarkan pengakuan Mulhall, kerasulan itu muncul dari inspirasi yang sangat sederhana bahwa ia dibangunkan suatu pagi sebelas tahun lalu, yaitu “20 negara, 20 pelayanan.” Dia ingat, setelah merenung, dia bersama dan rekan-rekannya memutuskan untuk menyelenggarakan Global Rosary Relay tahunan pertama.

Dalam dekade terakhir, jumlah peserta sangat meningkat. “Kami ada di setiap negara di dunia; tidak ada yang tertinggal,” katanya. Tahun 2019, lebih dari 285 lokasi doa ikut dalam Global Rosary Relay. Hingga saat ini jumlah itu meningkat hingga lebih dari 300 lokasi doa di setiap sudut dunia.

Doa tahun ini dipanjatkan untuk Paus Fransiskus. Marion menjelaskan, selalu ada saja waktu untuk berdoa bagi Paus Fransiskus, dan tahun ini diputuskan untuk mengadakan Rosario virtual pada Zoom yang khusus untuk Paus. Tampaknya cocok, katanya, karena “Paus Fransiskus selalu meminta orang berdoa baginya, jadi ini kesempatan bagi orang-orang untuk hanya berdoa bagi Paus Fransiskus.”(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan