Katekese Online sambil "ngopi" (kiri ke kanan) Pastor Carlos Boruk, Pastor  Hubertus Magai, Pastor Barnabas Daryana
Katekese Online sambil “ngopi” (kiri ke kanan) Pastor Carlos Boruk, Pastor Hubertus Magai, Pastor Barnabas Daryana

Demi membangkitkan dan meneguhkan iman umat dalam hidup menggereja di tengah wabah Covid-19, Paroki Gembala Baik Abepura di Keuskupan Jayapura mengelar katekese online mingguan yang dibalut dalam acara ngobrol pintar (Ngopi).

Kamis, 7 Mei 2020, katekese online itu mencapai episode ketiga dengan tema, “Bukan kehendakku melainkan kehendak-Mu” dengan narasumber Pastor John Bunay Pr, Suster Dolorosa SSpS dan Kepala Paroki Gembala Baik Abepura Pastor Barnabas Daryana Pr. Dalam tema yang berkaitan dengan Minggu Panggilan itu, para narasumber saling mensharingkan pengalaman panggilan menjadi seorang imam maupun suster.

Menurut Pastor John, panggilan itu ibarat sebuah parit yang dilalui oleh aliran air, “Allah telah menggariskan panggilan seseorang dan orang yang menanggapi panggilan Allah tersebut akan mengikuti garis panggilan itu.” Pastor Barnabas melanjutkan, “panggilan itu bukan sesuatu yang instan, akan tetapi membutuhkan proses yang panjang.”

Acara ‘Ngopi” live streaming yang dilaksanakan mulai pukul 18.00 WIT di taman pastoran Paroki Abepura dan dibuka dengan dialog interaktif itu dikoordinir langsung oleh Pastor Barnabas.

Episode pertama yang dimulai Kamis, 23 April, bertema “Gereja bertumbuh sejalan dengan situasi zaman, dengan narasumber.” Tiga imam diosesan, Pastor Carlos Boruk, Pastor Hubertus Magai dan Pastor Barnabas Daryana tampil sebagai narasumber. “Iman para rasul menjadi tonggak utama dalam berdirinya Gereja hingga saat ini. Perkembangan Gereja dari waktu ke waktu selalu sejalan dengan perkembangan zaman. Gereja tidak tertutup melainkan terbuka mengikuti perkembangan itu. Dalam perjalanannya Gereja tidak serta merta berjalan mulus, melainkan Gereja mengalami jatuh bangun hingga saat ini,” kata Pastor Carlos.

“Katekese online dalam acara Ngopi itu merupakan pewartaan demi membangkitkan dan meneguhkan iman dan kepercayaan umat akan Allah dalam situasi mencekam akhir-akhir ini. Sebab, Allah selalu hadir bersama umat-Nya dalam situasi apapun. Ia tidak pernah meninggalkan umat-Nya berada dalam situasi membahayakan. Allah dengan setia menolong umat-Nya agar dapat keluar dari masalah-masalah yang dihadapi,” tegas Pastor Hubertus.

Dalam episode kedua, Kamis, 30 April 2020, Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar, Pastor Goglian OFM dan Pastor Barnabas tampil sebagai narasumber membicarakan tema, “Kehidupan menggereja di tengah pandemi Covid-19.” Menurut Mgr Leo, Gereja tidak tinggal diam dalam menyikapi wabah virus mematikan ini. “Gereja selalu menyerukan kepada umat untuk selalu menaruh harapan kepada Allah, dengan senantiasa berdoa memohon perlindungan Allah, sembari mematuhi semua anjuran pemerintah,” kata uskup.(Robby Amadeuz Hodo)

Tinggalkan Pesan