Patung Pasir

Tiga orang muda dari Nam Dinh, di Vietnam utara, membuat patung pasir di pantai distrik Nghia Hung, yang menggambarkan suasana berkat dan doa khusus “Urbi et Orbi” yang Paus Fransiskus laksanakan di Vatikan 27 Maret 2020, ketika dunia bertempur melawan pandemi Covid-19.

Bapa Suci memimpin upacara doa malam di Lapangan Santo Petrus yang sepi dan sunyi di bawah hujan lebat itu. Di depan basilika, berdiri salib abad ke-16 yang secara khusus dibawa dari Gereja Santo Marcello Roma untuk acara itu.

Salib yang secara ajaib tidak mengalami kerusakan di tengah api yang membakar gereja itu dibawa dalam prosesi dari Santo Marcello ke Santo Petrus tahun 1522 ketika wabah besar melanda Roma. Orang muda Vietnam menciptakan kembali pemandangan 27 Maret itu dalam karya seni 4×5 meter di atas pasir. Dalam karya itu Paus memandang Kristus yang tersalib di kayu salib dengan doa hening.

Lai Trinh, pemahat kayu profesional bersama dua temannya yang beragama Katolik, Nguyen Son dan Tran Nhat menciptakan patung pasir itu dalam tiga jam. Mereka menggunakan alat sederhana seperti sekop, tali, pisau, sekop, dan kuas besar.

Berbicara kepada jurnalis, Lai Trinh mengatakan, tiga orang yang penuh gairah seni pahat itu, telah menciptakan karya berjudul “Paus berdoa” itu. Mereka ingin mengungkapkan iman religius mereka dan mengajak semua orang ikut berperang melawan pandemi Covid-19, yang terinspirasi oleh adegan Paus Fransiskus itu.

“Kami terinspirasi oleh gambaran Paus yang berdoa agar dunia lolos dari pandemi Covid-19,” kata Lai Trinh. Memahat, jelasnya, adalah pekerjaan sehari-hari mereka, tetapi membuat karya yang sepenuhnya terbuat dari pasir adalah hal baru. Nguyen Son mengatakan, mereka ikut berkat dan doa “Orbi et Urbi” yang disiarkan langsung secara online itu, meskipun saat itu tengah malam di Vietnam.

Ini bukan pertama kalinya Lai Trinh menciptakan patung pasir. Dia sebelumnya membuat patung Paus setinggi 5 meter di sebuah pantai di Nam Dinh. “Paus Fransiskus berdoa” diciptakan 1 Mei 2020. Ribuan orang yang berbondong-bondong datang itu karena dua hari libur berturut-turut tercengang melihat karya itu.

Tanggal 30 April adalah hari libur umum di Vietnam, menandai penyatuan kembali Vietnam Utara dan Vietnam Selatan. Tanggal 1 Mei dirayakan sebagai Hari Buruh seluruh dunia.

Paus mengadakan doa dan berkat Urbi et Orbi pada saat Italia, yang paling terpukul di Eropa oleh pandemi ini, melampaui jumlah total kasus dan kematian di Cina, asal mula virus itu. Dalam Doa 27 Maret itu, Paus memberikan meditasi tentang krisis yang dihadapi dunia, memperlihatkan Sakramen Mahakudus untuk adorasi dan memberikan berkah Urbi et Orbi, dan memberikan kepada setiap orang kesempatan untuk menerima indulgensi penuh.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Robin Gomes/Vatican News)

Patung pasir 7Patung pasir 4Patung Pasir 1

Tinggalkan Pesan