Mgr Siprianus Hormat menandatangani janji kesetiaannya bersama Ignatius Kardinal Suharyo (PEN@ Katoik/pcp)
Mgr Siprianus Hormat menandatangani janji kesetiaannya bersama Ignatius Kardinal Suharyo (PEN@ Katoik/pcp)

“Saya, Romo Siprianus Hormat, yang telah diangkat menjadi Uskup Keuskupan Ruteng, akan selalu setia kepada Gereja Katolik dan Uskup Roma, gembala yang tertinggi, wakil Kristus, primat pengganti Petrus dan pemimpin dewan para uskup.”

Pernyataan itu disampaikan oleh Uskup Terpilih Keuskupan Ruteng Mgr Siprianis Hormat Pr dalam Sumpah Setia kepada Tahta Suci dalam Vesper Agung yang diisi dengan Pengakuan Iman, Janji Kesetiaan dan Pemberkatan Insignia di Gereja Santo Yoseph atau Katedral Lama Ruteng, 18 Maret 2020.

Vesper Agung itu dipimpin oleh Uskup Denpasar Mgr Silvester San yang sebelumnya menjadi Administrator Apostolik Ruteng dan Duta Vatikan untuk Indonesia diwakili oleh Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo. Sebanyak 36 uskup atau vikjennya serta uskup emeritus dan sekitar 300 pastor dan biarawan-biarawati serta undangan hampir memenuhi katedral lama itu.

Selain kesetiaan, Mgr Sipri juga berjanji menaati secara bebas pelaksanaan kekuasaan dari Uskup tertinggi itu, selalu berusaha “mengembangkan dan membela hak-hak dan wewenangnya,” serta “mengakui dan menaati hak-hak utama dan tugas-tugas dari para utusan Uskup Roma.”

Janji lainnya adalah berusaha melaksanakan dengan sangat teliti, tugas-tugas rasuli yang dipercayakan kepada uskup, yakni mengajar umat Allah, menguduskan dan memimpinnya dalam persatuan hirarkis dengan pemimpin dewan para uskup mau pun anggota-anggotanya.

“Saya akan mempertahankan persatuan Gereja Universal, dan karena itu, saya akan dengan rajin mengusahakan agar khazanah iman yang diwariskan oleh para rasul dijaga kemurnian dan keutuhannya akan kebenaran-kebenaran yang harus diterima dan yang harus dikenakan pada tingkah laku manusia, diajarkan dan dijelaskan kepada semua orang sebagaimana dikemukakan oleh wewenang  mengajar Gereja,” janji Mgr Sipri.

Mgr Sipri juga berjanji akan akan “memperhatikan orang-orang yang tersesat,” serta “bertindak saleh” dan “mampu meneguhkan umat beriman  dalam usaha memperoleh kesempurnaan Kristiani,” juga akan “menumbuhkan tata tertib umum dari seluruh Gereja.”

Selain berjanji akan menangani harta benda milik Gereja, Mgr Sipri, “akan mendampingi dengan cinta kasih khusus semua imam dan diakon, sebagai laskar pembantu budiman dari martabat uskup,” serta biarawan-biarawati.

“Saya akan memajukan martabat kaum awam serta peranan khusus mereka dalam perutusan Gereja” dan memperhatikan karya misioner, janji Mgr Sipri yang menambahkan akan menanggapi undangan untuk konsili atau kegiatan legal lainnya, selama tidak ada halangan,” serta mempertanggungjawabkan tugas pastoralnya.

Paus Fransiskus mengangkat Pastor Siprianus Hormat Pr, yang saat itu berkarya sebagai Sekretaris Eksekutif Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sebagai Uskup Ruteng. Pengumuman itu disampaikan oleh Sala Stampa, Kantor Pers Vatikan dalam bahasa Italia, 13 November 2019, pukul 18.00.

Mgr Sipri akan ditahbiskan sebagai Uskup Ruteng tanggal 19 Maret 2020 di Katedral Santa Maria Diangkat ke Surga dan Santo Yosef Ruteng yang diberkati dan ditahbiskan  tanggal 15 Agustus 2002 oleh Uskup Ruteng saat itu Mgr Eduardus Sangsun SVD.

Ketika laporan ini dibuat, katedral itu sedang dihias dan ditambah sekitar 7500 kursi di halaman sampingnya. Misa akan dimeriahkan oleh koor berkekuatan 120 orang dari paroki delapan paroki di Kota Ruteng serta STIPAS Santo Cirillus dan Unika Santo Paulus Ruteng dengan lagu-lagu berbahasa daerah Manggarai dengan iringan organ, guitar,  seruling,  biola, tambur dan gendang dengan dua dirigen bergantian. Mereka juga akan mengiringi 27 penari dari SMAK Setia Bakti dan SMAK Santo Fransiskus Saverius Ruteng.

Mgr Siprianus Hormat mengambil tema tahbisannya, Omnia in Caritate (Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih” (1 Kor 16:14). (PEN@ Katolik/paul c pati)

Mgr Siprianus Hormat mengucapkan janji kesetiaan dalam Vesper Agung (PEN@ Katolik/pcp)
Mgr Siprianus Hormat mengucapkan janji kesetiaan dalam Vesper Agung (PEN@ Katolik/pcp)
Mgr Silvester San memberkati insignia yang akan dikenakan Mgr Siprianus Hormat sebagai uskup (PEN@ Katolik/pcp)
Mgr Silvester San memberkati insignia yang akan dikenakan Mgr Siprianus Hormat sebagai uskup (PEN@ Katolik/pcp)
Katedral lama tempat perayaan Vesper Agung (PEN@ Karolik/pcp)
Katedral lama tempat perayaan Vesper Agung (PEN@ Karolik/pcp)
Katedral Ruteng tempat perayaan Tahbisan Uskup Mgr Siprianus Hormat Pr (PEN@ Katolik/pcp)
Katedral Ruteng tempat perayaan Tahbisan Uskup Mgr Siprianus Hormat Pr (PEN@ Katolik/pcp)

Tinggalkan Pesan