Kardinal Ayuso dan Paus (Vatican Media)
Kardinal Ayuso dan Paus (Vatican Media)

“Melayani Umat Manusia yang Terluka: Menuju Solidaritas Antaragama.” Itulah tema pertemuan satu hari, 10 Desember 2019, untuk memperkuat persahabatan dan kerja sama yang sudah berlangsung lama antara Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama (PCID) dan Dewan Gereja-Gereja se-Dunia (WCC).

“Pertemuan brainstorming” di kantor Dewan itu juga mendengar sejumlah refleksi para teolog, anggota korps diplomatik dan badan-badan amal Kristen berdasarkan pengalaman dalam hidup dan karya mereka untuk orang miskin, membutuhkan dan menderita.

Dalam pidato pembukaan, Presiden PCID Kardinal Miguel Ángel Ayuso Guixot mengatakan kepada para delegasi yang hadir bahwa sesi itu memberikan kepada para ahli dari Gereja-Gereja Kristen yang berbeda “kesempatan meningkatkan dimensi ekumenis dari pelayanan bersama kita di bidang dialog antaragama.”

Tema pertemuan itu dipilih bulan Januari sebagai proyek bersama PCID dan WCC. Kardinal berharap pertemuan curah pendapat itu akan “menginspirasi dan memperkaya kita untuk bergerak bersama dalam proyek bersama ini.”

Dalam pembicaraan dengan Vatican News, Kardinal Ayuso mengatakan “dialog meminta, pertama-tama, memperkenalkan diri kemudian membuka diri kepada orang lain dengan mendengarkan.” Dengan cara itu, lanjut kardinal, ada kemungkinan menemukan kembali diri sendiri “dan di sini Anda bisa menemukan platform bersama yang dibangun dari perbedaan juga kesamaan, dan melalui kesamaan inilah kita berupaya bekerja sama dalam petualangan bersama yang bisa kita sebut dialog.”

Tema pertemuan itu diambil oleh kardinal itu berdasarkan kata-kata Paus Fransiskus di awal kepausannya. “Paus dengan jelas mengatakan, yang paling dibutuhkan Gereja saat ini adalah kemampuan menyembuhkan luka-luka dan menghangatkan hati umat beriman.”

Kardinal lalu mengatakan, Gereja harus dekat masyarakat. “Gereja haruslah berpandangan keluar, yang memenuhi kebutuhan kawanannya.” Menurut Kardinal Ayuso, melalui dialog ekumenis dan antaragama, “kita dipanggil untuk menyembuhkan dan bekerja sama dalam menyembuhkan luka-luka umat manusia kita.”

Kerja sama antara PCID dan WCC sudah berlangsung lebih dari 40 tahun. Keduanya telah bekerja bersama dalam proyek-proyek seperti Pernikahan Antaragama (1994-1997), Doa Antaragama (1997-1998), dan yang terbaru proyek “Pendidikan untuk Perdamaian” yang resmi diluncurkan Mei 2019.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Lydia O’Kane/Vatican News)

Tinggalkan Pesan