Rally Rosario

Hari Minggu pagi 27 Oktober 2019, sekitar 450 umat, yang terdiri dari anak-anak, remaja, orang muda, dan orangtua yang terbagi dalam 14 wilayah rohani mengadakan Rally Rosario sekitar tiga kilometer dimulai dari Gereja Santo Paulus Tumobui hingga Gereja Kristus Raja Kotamobagu, Sulawesi Utara.

Dengan tema “Sikap berdoa seperti mana yang bisa menyentuh Hati Tuhan,” dalam Rally Rosario yang juga menjadi ziarah umat itu peserta berdoa Rosario sambil membawa aneka rosario besar dan kecil, lilin serta berbagai gambar dan patung Maria, juga menyanyikan lagu-lagu Maria.

Tujuan Rally Rosario itu, menurut Ketua Bidang Kerohanian Paroki Kotamobagu Joseph Polandos, “adalah sebuah ziarah umat sambil berjalan dan berdoa kepada Bunda Maria untuk mengalami kasih karunia Tuhan.”

Menanggapi keterlibatan Orang Muda Katolik (OMK) dalam rally itu, Kepala Paroki Kristus Raja Kotamobagu Pastor Engelbert Rio Sumajow Pr mengatakan kepada PEN@ Katolik bahwa “OMK adalah tulang punggung dan ujung tombak perkembangan Gereja saat ini dan masa yang akan datang, serta penentu segala sesuatu untuk memajukan Gereja.”

OMK adalah saksi-saksi Kristus yang bisa diandalkan untuk Gereja masa depan. Namun demikian, kata Pastor Rio Sumajow, “mereka tetap perlu dorongan dan semangat dari Gereja itu sendiri, maka kaum dewasa perlu selalu menjalin hubungan persahabatan,  keakraban, dialog dan tukar pikiran dengan mereka, sehingga mereka bisa menjadi teladan bagi kehidupan di keluarga, Gereja maupun masyarakat di mana pun mereka berada.”

Menurut imam itu, menjadi kekuatan terpenting dalam pembangunan kehidupan menggereja terletak dalam keikutsertaan dan keterlibatan OMK sendiri. Oleh karena itu, lanjut Pastor Rio Sumajow, demi meningkatkan iman, OMK dituntut terlibat secara aktif dalam hidup menggereja dan dalam karya kerasulan di tengah-tengah umat.

Pastor Rio Sumajow yakin bahwa dengan berdoa Salam Maria terus-menerus, mereka bisa membangun relasi dengan Tuhan dan dengan Rally Rosario keterlibatan OMK dalam hidup menggereja meningkat. “Dengan demikian kaum muda mendapat peluang untuk mengembangkan potensi diri dan semakin termotivasi untuk terlibat aktif dalam hidup menggereja,” kata imam itu seraya menegaskan bahwa dalam Rally Rosario OMK merasakan kekuatan batin untuk masuk lebih dekat dan mengalami belas kasih Allah.

Dalam masa pertumbuhan dan perkembangan, OMK membutuhkan tempat berbagi pengalaman, baik dalam keluarga, sekolah, Gereja, maupun masyarakat, dan melalui keterlibatan dalam kegiatan Rally Rosario, tegas Pastor Rio Sumajow, “kaum muda dapat mengungkapkan pengalaman-pengalaman iman mereka kepada Bunda Maria.”(PEN@ Katolik/michael)

Rally Rosario4
PEN@ Katolik/ampcp
PEN@ Katolik/ampcp
PEN@ Katolik/ampcp
FB Adriana Turangan
FB Adriana Turangan

Tinggalkan Pesan