Uskup Agung Pontianak mengunjungi para imam Kapusin mantan misionaris di Kalimantan Barat. (Ist)
Uskup Agung Pontianak mengunjungi para imam Kapusin mantan misionaris di Kalimantan Barat. (Ist)

Setelah sepekan di Vatikan dan Roma untuk kunjungan ad Limina kepada Paus Fransiskus serta Misa di Basilika Santo Paulus di Luar Tembok dan depan Makam Santo Petrus dalam katakombe Basilika Santo Petrus, dan kunjungan ke beberapa Kantor Vatikan dan acara lainnya, Uskup Agung Pontianak menuju Belanda untuk menemui para mantan misionaris di wilayah Keuskupannya serta Keuskupan Sanggau dan Keuskupan Sintang.

Menurut pesan WA yang disampaikan kepada Komsos Keuskupan Agung Pontianak, pada Minggu 16 Juni 2019, Mgr Agus memimpin Misa Hari Raya Tritunggal Mahakudus bersama umat Katolik asal Indonesia yang tergabung dalam Komunitas Katolik Indonesia Den Haag (KKI Den Haag).

Misa yang dimulai pukul 13.30 waktu setempat di Gereja Sang Penyelamat Kita di Den Haag itu dimeriahkan oleh penampilan angklung dari anak-anak Indonesia, baik yang asli Indonesia maupun ayah atau ibunya orang Belanda.

Kemudian, Mgr Agus berkunjung ke Komunitas Pastor Kapusin di Tilburg dan menemui para imam Kapusin yang pernah menjadi misionaris di Indonesia yakni Pastor Willy Wagemaker OFMCap, Pastor Roland OFMCap, Pastor Amantius OFMCap, Pastor Savio OFMCap, dan Bruder Frans Paland OFMCap.

“Saya mengunjungi para pastor dan bruder Kapusin mantan misionaris di Kalbar yang sekarang tinggal menikmati masa pensiunnya di Tilburg. Saya duduk makan siang bersama mereka,” tulis Mgr Agus seraya mengatakan bahwa para mantan misionaris itu mengaku sangat senang ketika dikunjungi uskup Indonesia dan dari Kalbar.

Mereka lebih senang, lanjut Mgr Agus, ketika Mgr Agus menceritakan perkembangan umat Katolik lokal dan kemajuan reksa pastoral. Ternyata, jelas Mgr Agus, “Pastor Willy Wagemaker OFMCap tanpa henti selalu mengikuti aneka berita Keuskupan Agung Pontianak melalui platform website yang kini lebih serius ditangani Komsos KAP. Beliau mengaku senang dengan kabar berita terkini dan mendukung hal itu selalu dilakukan.”

Mgr Agus juga mengunjungi Biara Suster SFIC di Veghel. “Saya berjumpa Suster Gerda SFIC, Suster Mary Getrude SFIC, dan Suster Rafael SFIC. Dalam bincang-bincang kami itu, menjadi jelas bahwa Suster Rafael dan Suster Mary Getrude akan hadir pada Pesta Perayaan Syukur 175 Tahun SFIC yang akan dilangsungkan di Pontianak bulan Oktober mendatang,” kata Mgr Agus. (PEN@ Katolik/Suster Maria Seba SFIC)

Mgr Agus 2
Mgr Agus bersama para suster SFIC di Belanda. (Ist)
Mgr Agus 1
Mgr Agus makan bersama para imam Kapusin yang menikmati masa pensiun di Tilburg, Belanda. (Ist)
Mgr Agus selesai  Misa Hari Raya Tritunggal Mahakudus bersama umat Katolik asal Indonesia yang tergabung dalam KKI Den Haag. (Foto dari Insta Mr Agus)
Mgr Agus selesai Misa Hari Raya Tritunggal Mahakudus bersama umat Katolik asal Indonesia yang tergabung dalam KKI Den Haag. (Foto dari Insta Mr Agus)

Tinggalkan Pesan