Swiss Guard
Paus Fransiskus menerima rekrutan baru Garda Swiss. Vatican Media

Menjelang upacara pengungkapan janji setia Garda Swiss yang biasanya berlangsung 6 Mei di halaman Istana Apostolik, Paus Fransiskus menerima 23 rekrutan baru bersama keluarga mereka hari Sabtu, 4 Mei 2019, dan meminta mereka “menjadi saksi-saksi dan rasul-rasul pembaruan pribadi dan komunitas.”

Paus berharap agar pelayanan mereka di Vatikan dan waktu mereka selama di Roma akan memperlihatkan kepada orang-orang yang mereka jumpai “kata penghiburan dan sikap persaudaraan, sehingga mereka boleh menjadi saksi-saksi Kristus yang bangkit, yang hidup dan hadir di setiap zaman.”

Dengan cara ini, lanjut Paus, “Kalian akan menjalani panggilan Kristen kalian dengan cara berbuah, yang berakar pada Permandian, asal mula iman.”

Paus mengatakan, selama tinggal di Roma, Garda Swiss dipanggil menjadi saksi iman dengan sukacita, sehingga banyak orang yang mereka temui, “khususnya di pintu-pintu masuk ke Kota Vatikan,” akan terkesan oleh semangat yang menyertai tugas mereka.

Dalam sambutannya, Paus meminta masing-masing anggota baru itu untuk memastikan bahwa melalui mereka setiap orang yang mereka temui dalam tugas sehari-hari akan juga menemukan cinta kasih Allah bagi setiap orang. “Inilah misi pertama setiap orang Kristen,” kata Paus.

Setiap orang yang bertugas di Tahta Suci, Paus menggarisbawahi, perlu “menjadi saksi-saksi dan rasul-rasul pembaruan pribadi dan komunitas.”

Paus mencatat, waktu mereka sebagai Garda Swiss akan merupakan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan prinsip-prinsip etis dan spiritual mereka. Kurva pembelajaran ini, ungkap Paus, “akan membantu kalian untuk hidup dalam masyarakat dengan sikap yang benar, yang mengakui keragaman budaya, agama dan sosial sebagai kekayaan manusia dan bukan sebagai ancaman.”

Paus menambahkan, “ini sangat penting dalam dunia yang untuk pertama kalinya mengalami pergerakan besar manusia dan orang-orang yang sedang mencari keamanan dan kehidupan yang bermartabat.”

Upacara pelantikan dari 23 rekrut baru akan berlangsung di halaman Santo Damasus di Vatikan pada hari Senin, 6 Mei. Tanggal itu memperingati 147 Pengawal Swiss yang jatuh saat membela Paus Klemens VII saat Jatuhnya Roma tahun 1527. (PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

Artikel Terkait

Anggota Garda Swiss yang baru ucapkan janji setia

Paus hadiri peresmian bendera baru Garda Swiss dan minta komandan baru melayani

Paus Fransiskus mengatakan Garda Swiss adalah umat kristiani beriman sejati

Paus minta Garda Swiss memperdalam persahabatan mereka dengan Yesus

Paus sambut anggota anggota baru Garda Swiss dan minta mereka kuat dalam iman

Swiss Guard 2Swiss Guard 3

Tinggalkan Pesan