25.6 C
Jakarta
Friday, April 26, 2024

Milenial melek teknologi dan aktif medsos, penting dalam Pemilu, aktor utama perangi hoaks

BERITA LAIN

More
    IMG-20190409-WA0027
    Suasana Seminar Nasional Gerakan #Kita_Indonesia. Foto dari PMKRI Pusat

    Sesungguhnya milenial mempunyai peran sangat penting dalam Pemilu 2019. Milenial bisa mengambil peran sebagai duta untuk mengawal setiap proses yang ada dan “sebagai generasi yang melek teknologi dan aktif di media sosial, milenial mempunyai potensi untuk menjadi aktor utama untuk memerangi hoaks yang menjadi patogen dalam pemilu kali ini.”

    Fibrisio H Marbun dari Pengurus Pusat PMKRI mengatakan hal ini dalam “Seminar Nasional Gerakan #Kita_Indonesia” bertema “Peran kaum milenial dalam menyukseskan pemilihan umum yang jujur, damai, dan sejuk” yang diselenggarakan di GSG Pemprov Bengkulu oleh Pengurus Pusat PMKRI bekerjasama dengan Dewan Pimpinan Cabang PMKRI Cabang Bengkulu Santo Stanislaus Kostka, 9 April 2019.

    Selain peran itu, PMKRI berharap milenial menggunakan hak pilih dan menjadi duta anti golput. “Penggunaan hak pilih tentunya mendukung pendewasaan sebuah sistem demokrasi yang nantinya menghasilkan produk-produk kebijakan publik yang mengakomodir kepentingan bersama demi terwujudnya bonum commune,” tegas Fibrisio.

    Selain Fibrisio, ratusan milenial dari berbagai organisasi dan berbagai agama mendengar juga masukan dari Kapolda Bengkulu Brigjend Polisi Supratman, Staf Ahli Gubernur Bengkulu H Muslih Z, dan Ketua Presidium PMKRI Bengkulu Alexander Silaban.

    Menurut Kapolda, pihak kepolisian siap mengawal setiap tahapan pemilu menuju pemilu jujur, damai, dan sejuk, sehingga setiap warga negara aman dan nyaman dalam menggunakan hak pilih. Maka, Kapolda mengajak untuk tidak golput dan tetap menjaga persatuan bangsa. “Gunakan hak pilih, jangan golput! Pilihan itu hak setiap warga negara dan tetap jaga kesatuan dan keutuhan bangsa,” katanya.

    Alexander menjelaskan, tujuan seminar itu adalah mengajak sebanyak mungkin kaum milenial untuk terlibat dalam momentum demokrasi (pilpres dan pileg) dalam rangka memberikan sumbangsih nyata bagi masyarakat dan negara.

    Seminar juga juga dilakukan dalam rangka mensosialisasikan pentingnya gerakan milenial untuk mengawal Pemilu agar berlangsung jujur, damai, sejuk, dan memberikan pemahaman kepada milenial tentang pentingnya persatuan bangsa agar pada gilirannya kaum milenial menjadi bagian perubahan dan pembaharu-pembaharu di tengah masyarakat.(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan bahan dari Pengurus Pusat PMKRI)

    pengurus-pusat-pmkri-dan-dpc-pmkri

    Ist

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI