27.7 C
Jakarta
Thursday, May 2, 2024

Rahmat Yesus dan Sang Perempuan 

BERITA LAIN

More

    jesus-and-woman-caught-in-adultery1

    (Renungan berdasarkan Bacaan Injil Minggu Prapaskah ke-5, 7 April 2019: Yohanes 8:1-11)

    Perzinaan adalah dosa serius menurut Hukum Musa. Ini adalah pelanggaran terhadap Hukum Sepuluh Perintah Allah. Ini adalah, satu dari sedikit dosa yang bisa dihukum mati [Im 20:10]. Kenapa begitu kejam? Itu adalah dosa besar karena perzinaan mencemarkan kekudusan pernikahan dan karunia seksualitas. Dalam Kitab Kejadian, Tuhan menghendaki pria dan wanita melalui pernikahan dan seksualitas mereka berpartisipasi dalam karya penciptaan. Karena pernikahan adalah panggilan suci, pelanggaran terhadap misi suci ini adalah salah satu penghinaan terbesar bagi Allah yang memanggil pria dan wanita ke dalam pernikahan.

    Beberapa orang Yahudi membawa seorang wanita yang tertangkap dalam perzinaan kepada Yesus. Ini adalah dilema yang sulit bagi Yesus yang menjalankan dengan baik Hukum Musa. Jika Yesus setuju untuk melempari wanita itu dengan batu, Ia menegakkan Hukum Musa, tetapi Ia akan membatalkan pemberitaan belas kasih dan pengampunan-Nya. Jika Yesus menolak untuk mengutuk wanita itu, Dia melanggar Hukum Musa, mentolerir kejahatan yang dilakukan oleh wanita itu, dan menyangkal keadilan Allah. Rajam berarti Yesus tidak berbelas kasihan tetapi menolak untuk melempari batu berarti Dia tidak adil. “Bagaikan memakan buah simalakama.”

    Yesus kemudian mulai menulis di tanah. Injil tidak menjelaskan secara spesifik apa yang ditulis oleh Yesus, tetapi kita mungkin dapat menebaknya. Dalam bahasa Yunani asli, menulis adalah “grapho” tetapi dalam episode ini, kata yang digunakan adalah “katagraho,” dan ini dapat diterjemahkan sebagai “menulis tuntutan.” Yesus menulis dosa-dosa orang-orang yang membawa wanita itu. Yesus berkata, “Biarlah orang di antara kamu yang tanpa dosa menjadi yang pertama melemparkan batu ke arahnya (Yoh 8: 7).” Setelah Yesus mengungkapkan dosa-dosa mereka, mereka menyadari bahwa mereka sendiri layak dirajam. Mereka pergi, meninggalkan Yesus dan wanita itu.

    Hukum Musa menyatakan, pria dan wanita yang tertangkap dalam perzinaan akan dihukum, tetapi di mana pria itu? Kenapa hanya perempuan? Yesus menunjukkan bahwa dia hanyalah pion yang digunakan untuk menjebak Yesus, dan beberapa siap untuk mengorbankan wanita ini hanya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkan. Kemanusiaannya diabaikan, identitasnya sebagai putri Allah diinjak-injak, dan ia diperlakukan sebagai alat belaka. Memanipulasi sesama kita, terutama yang lemah dan yang miskin, demi keuntungan kita sendiri adalah dosa yang lebih besar daripada perzinaan!

    Yesus tahu bahwa wanita itu telah melakukan dosa serius, tetapi dia sendiri adalah korban ketidakadilan dan dosa yang lebih serius. Yesus tentu membenci kejahatan, tetapi Dia mengampuni wanita itu dan memberinya kesempatan kedua karena Dia mengerti apa yang terjadi padanya. Dia jatuh ke dalam dosa karena kelemahan manusia dan godaannya, tetapi Tuhan jauh lebih besar daripada dirinya yang terburuk, jika dia bertobat dan kembali kepada Tuhan.

    Ada film berjudul “Malena”. Itu adalah kisah tentang seorang wanita cantik di  pedesaan Italia selama Perang Dunia II. Dia menerima kabar bahwa suaminya meninggal dalam perang. Setelah ini, ayahnya, satu-satunya keluarganya, juga meninggal ketika pesawat Jerman membom desa mereka. Karena kemiskinan dan keputusasaan untuk bertahan hidup, dia terpaksa menjadi pelacur, bahkan untuk melayani tentara Jerman. Setelah kekalahan pasukan Jerman, penduduk desa mengutuknya, tidak hanya sebagai pelacur tetapi juga sebagai pengkhianat. Dia diusir dari desa dengan penghinaan. Sesuatu yang mengejutkan terjadi, ternyata, suaminya tidak meninggal, dan kembali ke desa. Dia mengetahui apa yang terjadi pada istrinya. Alih-alih mengutuk istrinya, dan mencari istri lain, ia menjemput istrinya dan membawanya kembali ke desa. Dia dengan bangga berjalan bersama istrinya di sekitar desa seolah-olah memberi tahu semua orang, “bukan salahnya kalau dia menjadi pelacur. Dia masih istriku yang setia! ”

    Kerahiman memberi keadilan yang tegas keindahannya. Dengan belas kasihan, kita melihat gambaran lebih besar dari kegagalan kita sendiri dan orang lain. Rahmat memberdayakan kita untuk bersabar dengan orang lain dan diri kita sendiri.

    Diakon Valentinus Bayuhadi Ruseno OP

     

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI