Penghormatan terhadap Injil (AFP)
Penghormatan terhadap Injil (AFP)

Konferensi Waligereja Inggris dan Wales akan mendedikasikan tahun 2020 untuk Kitab Suci. Prakarsa itu yang diumumkan bulan Februari 2019 dengan tema “The God Who Speaks” (Tuhan yang Berbicara) dan akan bekerja sama dengan Lembaga Alkitab Britania. Beberapa acara dijadwalkan sepanjang tahun untuk “merayakan, menjalani, dan membagikan” Firman Allah.

Di tahun itu akan juga diperingati dua peringatan penting peran Kitab Suci dalam Gereja. 2020 adalah ulang tahun ke-10 Seruan Apostolik Paus Benediktus XVI Verbum Domini. Di tahun itu, juga dirayakan ulang tahun ke-1600 kematian Santo Hieronimus yang dikenal karena karyanya, terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Latin, yang dikenal dengan Vulgata.

Menurut laporan Joachim Teigen dari Vatican News, prakarsa para uskup itu akan secara resmi diluncurkan tanggal 30 September 2019, hari raya Santo Hieronimus. Sementara itu, tahun kampanyenya akan dimulai 1 Desember, Minggu Pertama Adven.

Guna menyesuaikan sumber daya dan peristiwa tahun ini, para Uskup Inggris dan Wales mengundang umat Katolik dan semua orang yang tertarik untuk mengambil bagian dalam survei tentang cara mereka menggunakan Kitab Suci dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan demikian, detail acara belum diumumkan. Yang dikatakan para uskup adalah bahwa acara dan sumber daya akan dipusatkan di sekitar tiga tema dalam mendekati Firman Allah: merayakan, menjalani, dan membagikan.

Paroki-paroki di seluruh negeri itu diajak merenungkan cara mereka merayakan, menjalani, dan membagikan Sabda Tuhan, dan bertanya kepada diri mereka sendiri mana yang harus ditingkatkan untuk “mencapai transformasi di hati kita dan di komunitas kita.”(PEN@ Katolik/pcp berdasarkan Vatican News)

Tinggalkan Pesan