Pemimpin Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus di Indonesia (OP) yang baru Suster Maria Elisabeth Yaya Budiarti OP. PEN@ Katolik/soni
Pemimpin Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus di Indonesia (OP) yang baru Suster Maria Elisabeth Yaya Budiarti OP. PEN@ Katolik/soni

Setelah melakukan Kapitel Umum yang dibagi dalam dua sidang, yakni sidang legislatif untuk merefleksikan kongregasi dan sidang elektif untuk memilih Pemimpin Kongregasi dan Dewan Penasihat, Kapitel Umum Kongregasi Suster-Suster Santo Dominikus di Indonesia (OP) memilih Suster Maria Elisabeth Yaya Budiarti OP sebagai pemimpin kongregasi untuk enam tahun ke depan menggantikan pemimpin kongregasi yang lama Suster Anna Marie OP.

Kapitel umum, yang didampingi Pastor Bernardus Soebroto Mardiatmadja SJ dan Pastor Paulus Wirasmohadi Soerjo Pr, dibagi dengan sidang legislatif di Pusat Gedung Pastoral Keuskupan Bandung 11-14 Maret 2019, rekoleksi bagi para anggota kapitel, 15 Maret, dan Sidang Elektif yang ditunggui oleh Uskup Bandung yang juga uskup kongregasi itu, Mgr Antonius Subianto Bunjamin OSC, 16 Maret. Rekoleksi dan sidang elektif dilaksanakan di Biara Santa Maria Cimahi.

Pemimpin dan penasehat kongregasi yang terpilih untuk masa jabatan 2019-2025 adalah Suster Maria Elisabeth Yaya Budiarti OP sebagai Pemimpin Kongregasi, Suster Maria Lusia Kusrini OP sebagai wakil, dan Dewan Penasihat Suster Maria Diana Sabu Kraeng OP, Suster Maria Albertine Suparmi OP dan Suster Maria Fidelia Bona Malangngan Pandiri OP.

Dalam kapitel itu, para suster juga melakukan nyekar di makam para suster OP di belakang Biara Santa Maria Cimahi untuk memohon doa restu dari suster-suster yang sudah meninggal, dan setelah Dewan Pimpinan Kongregasi terpilih dilakukan ibadat syukur dan pembaharuan kaul oleh seluruh suster yang hadir. Dalam ibadat itu, Suster Elisabeth sebagai pemimpin kongregasi terpilih memerciki para suster dengan air yang dikumpulkan dari setiap komunitas suster Dominikan (OP).

“Bersama kita bisa. Maka mari kita bergandeng tangan dan melangkah bersama,” kata Suster Elisabeth OP dalam sambutannya setelah terpilih dalam kapitel yang disiapkan dengan doa harian tentang kapitel selama satu tahun, novena sembilan minggu, dan novena sembilan hari menjelang kapitel, yang menurut informasi “dilaksanakan dengan penuh kegembiraan dan kasih persaudaraan.”(PEN@ Katolik/pcp/ireneop)

Suster OP
Para pimpinan dan penasehat yang baru bersama Mgr Subianto OSC, Pastor Mardiatmadja SJ dan pastor Wirasmohadi Pr
26 peserta kapitel para suster OP
26 peserta kapitel para suster OP

Suster OP 2

Tinggalkan Pesan