30.1 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Alessandro Gisotti diangkat sebagai direktur sementara Kantor Pers Takhta Suci

BERITA LAIN

More
    Paus Fransiskus dan Alessandro Gisotti. Foto Profil dari Twitter Alessandro Gisotti
    Paus Fransiskus dan Alessandro Gisotti. Foto Profil dari Twitter Alessandro Gisotti

    Paus Fransiskus menerima pengunduran diri Greg Burke dan Paloma García Ovejero sebagai Direktur dan Wakil Direktur Kantor Pers Vatikan dan mengangkat Alessandro Gisotti sebagai Direktur sementara Kantor Pers Vatikan.

    Alessandro Gisotti lahir di Roma 44 tahun lalu. Hingga saat ini, pria yang sudah menikah dan memiliki dua anak itu bertugas sebagai Koordinator Media Sosial dari Dikasteri untuk Komunikasi.

    Alessandro Gisotti adalah jurnalis profesional dan sarjana ilmu politik lulusan Universitas “La Sapienza” tahun 1999. Setahun kemudian dia mulai bekerja di Radio Vatikan dan menjadi Wakil Pemimpin Redaksi Radio Vatikan. Dia sudah mengikuti kegiatan-kegiatan tiga Paus terakhir, baik di Roma maupun dalam berbagai perjalanan apostolik internasional.

    Dia pernah mengajar jurnalisme di Institut Jesuit Maximus di Roma, dan “Teori dan Teknik Jurnalisme” pada Universitas Kepausan Lateran. Dia pernah menulis beberapa artikel dan esai tentang komunikasi Gereja, termasuk “Dekalog Komunikator yang Baik menurut Paus Fransiskus” yang terbit tahun 2016 dengan kata pengantar oleh Uskup Agung Manila Kardinal Luis Antonio Tagle.

    Dalam pernyataan setelah pengunduran diri Greg Burke dan Paloma García Ovejero, serta pengangkatan Alessandro Gisotti, Prefek Dikasteri Komunikasi Dr Paolo Ruffini, mengatakan:

    “Saya telah mempelajari keputusan Greg Burke dan Paloma García Ovejero, dan penerimaan Paus Fransiskus atas pengunduran diri mereka. Dalam beberapa bulan bekerja bersama, saya dapat menghargai profesionalisme, kemanusiaan, dan iman mereka. Oleh karena itu, saya berterima kasih atas dedikasi mereka dalam menjalankan tugas selama ini. Hari ini, berhadapan dengan pilihan bebas mereka sendiri, saya hanya bisa menghargai keputusan yang mereka ambil. Greg dan Paloma (yang ditunjuk untuk tugas ini oleh pendahulu saya, Mgr Dario Edoardo Viganò) adalah Direktur dan Wakil Direktur pertama Kantor Pers setelah dimulainya reformasi sistem komunikasi Takhta Suci, yang diputuskan oleh Bapa Suci. Komitmen mereka yang signifikan telah banyak membantu langkah reformasi, yang pelaksanaannya saat ini, menurut mereka, membutuhkan pemberian pernyataan yang cepat, dalam semangat pelayanan kepada Gereja yang kita miliki bersama. Justru dengan semangat pelayanan dan kesetiaan kepada Bapa Suci maka saya sendiri akan meneruskan langkah kompleks reformasi penting ini. Tahun depan penuh dengan peristiwa-peristiwa penting yang membutuhkan upaya sangat besar dalam komunikasi. Saya sangat yakin bahwa Alessandro Gisotti, yang sampai sekarang bertugas sebagai Koordinator Media Sosial Dikasteri untuk Komunikasi, dan mantan Wakil Pemimpin Redaksi Radio Vatikan, akan mampu memandu Kantor Pers secara sementara, sembari menunggu struktur baru yang akan ditetapkan secepatnya.”

    Selanjutnya Alessandro Gisotti menyatakan:

    “Saya berterima kasih kepada Bapa Suci atas kepercayaan yang diberikan kepada saya di saat yang begitu sulit untuk komunikasi Takhta Suci. Saya menyerahkan diri saya dalam pengaturan sepenuhnya dari Prefek, Paolo Ruffini. Saya menghormati dan bersahabat dengan Greg Burke dan Paloma G Ovejero. Ikut dengan Prefek ini, saya berterima kasih kepada mereka atas pekerjaan mereka lakukan selama dua setengah tahun terakhir dalam memimpin Kantor Pers. Saya akan mencoba memenuhi tugas yang dipercayakan kepada saya dengan kemampuan terbaik saya, dengan semangat pelayanan kepada Gereja dan kepada Paus yang secara istimewa saya pelajari saat membantu Pastor Federico Lombardi selama hampir 20 tahun. Meskipun hanya sementara, saya tahu betul bahwa tugas saya sangat besar tuntutannya, tetapi saya terhibur karena tahu kehebatan kolega-kolega saya di Kantor Pers. Saya bisa menghargai profesionalisme dan dedikasi mereka dalam banyak kesempatan.”

    Dalam tweet terpisah, yang diposting di akun Twitter pribadinya, Greg Burke mengatakan, “Paloma dan saya telah mengundurkan diri, efektif 1 Januari. Pada masa transisi komunikasi Vatikan ini, kami pikir sangatlah baik kalau Bapa Suci sepenuhnya bebas membentuk tim baru.”

    “Saya memasuki Vatikan tahun 2012. Pengalamannya sangat menarik. Terima kasih, Paus Fransiskus. Un abrazo muy fuerte (peluk erat).”

    “Tahun Baru, Petualangan Baru.”

    Sepentara itu Paloma Garcia Ovejero men-tweet pesan berbahasa Spanyol yang berarti:

    “Sebuah babak berlalu. Terima kasih Bapa Suci untuk dua setengah tahun ini! Terima kasih, Greg, atas kepercayaan Anda, kesabaran Anda, dan teladan Anda.”(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI