cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (26)
Foto Vatican Media

Paus Fransiskus memberikan hadiah Natal untuk para tunawisma dan peziarah berupa klinik medis baru yang didirikan tepat di sebelah deretan pilar Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Klinik bernama “Ambulatorio-Madre di Misericordia” atau Klinik Bunda Belas Kasih itu menggantikan pusat San Martino yang sejak Februari 2016 memberikan pertolongan pertama kepada para tunawisma, dan baru-baru ini ditambah dengan layanan tempat mandi dan tukang cukur.

Kantor Amal Kasih Kepausan yang diketuai Kardinal Konrad Krajewski asal Polandia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa prakarsa itu direncanakan dan dilaksanakan oleh Kegubernuran Negara Kota Vatikan dalam koordinasi dengan Departemen Kesehatan dan Kebersihan Vatikan.

Ambulatorio-Madre di Misericordia yang terletak di ruang kecil yang dulunya milik Kantor Pos Vatikan, demikian laporan Robin Gomes dari Vatican News, memiliki tiga kamar untuk pemeriksaan medis, kantor, dua kamar mandi, dan ruang tunggu. Kamar-kamar itu dilengkapi peralatan dan mesin baru untuk pemeriksaan medis sepenuhnya dan beberapa alat tes untuk pasien.

Klinik akan buka tiga kali seminggu – Senin, Kamis dan Sabtu. Podiatris (spesialis kaki dan pergelangan kaki) akan hadir pada hari Senin pagi. Klinik ini juga akan memberikan pertolongan pertama bagi para peziarah selama audiensi atau acara Vatikan di Lapangan dan Basilika Santo Petrus.

Seluruh pelayanan akan diberikan oleh para dokter relawan, para spesialis dan tenaga kesehatan dari Vatikan, Universitas Tor Vergata Roma, “Associazione Medicina Solidale” (Asosiasi Obat Solidaritas) Italia dan Asosiasi Podiatris Italia. Ambulatorio-Madre di Misericordia akan juga menyediakan program magang untuk para mahasiswa dan pascasarjana dari Fakultas Kedokteran Universitas Tor Vergata.

Pada kesempatan Hari Orang Miskin se-Dunia dari Gereja Katolik, 18 November, didirikan pusat medis mobil sementara di Lapangan Santo Petrus, dan orang miskin dan yang membutuhkan diizinkan datang untuk pemeriksaan gratis dan evaluasi dari para spesialis.

Paus Fransiskus melakukan kunjungan kejutan ke klinik itu, seperti yang dilakukannya pada kesempatan yang sama di masa lalu, meluangkan waktu untuk berbicara dengan pasien dan staf sukarelawan di sana.

Paus Fransiskus juga menyelenggarakan makan siang untuk orang miskin dan tuna wisma dari kota pinggir laut dari Roma yakni Ostia, 18 Desember, yang merupakan persembahan dari polisi keuangan Italia, Guardia di Finanza, di Castelporziano dekat Ostia.(PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (23)

cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (25)cq5dam.thumbnail.cropped.750.422 (27)

Tinggalkan Pesan