OPMK ikut serta dalam Kongres OMK Arab di  Ras Al Khaimah, Uni Emeriat Arab. Foto Vatican Media
OPMK ikut serta dalam Kongres OMK Arab di Ras Al Khaimah, Uni Emeriat Arab. Foto Vatican Media

Menjelang penutupan Sinode Para Uskup tentang Orang Muda di hari Minggu, 28 Oktober 2018, sebanyak 1.500 orang muda Katolik (OMK) yang tinggal di Semenanjung Arab menghadiri “Kongres OMK Arab” di Ras Al Khaimah, Uni Emirat Arab (UEA), 25-27 Oktober 2018. Mereka menanggapi ajakan untuk “Bangun, nyalakan kembali iman, harapan dan cinta Anda, dan alamilah Yesus lebih mendalam.”

Vikaris Apostolik untuk Arab Selatan dan Yaman Mgr Paul Hinder mengatakan dalam wawancara dengan Suster Bernadette Mary Reis FSP dari Vatican News bahwa kongres itu merupakan prakarsa yang diusulkan oleh OMK. Ide awal mereka adalah “untuk menyatukan OMK tidak hanya dari satu negara, tetapi dari beberapa negara di wilayah kami.” Para uskup dengan gembira menerima usul mereka, dan lahirlah kongres itu.

Kongres itu adalah acara OMK terbesar di Semenanjung Arab. OMK yang berperanserta datang dari UAE, Oman, Arab Saudi, Qatar, Bahrain, dan Kuwait. Kongres pertama diadakan tahun 2009 di Dubai dengan tema “Bertolak ke tempat yang dalam.” Tema kongres selanjutnya di Abu Dhabi, UAE, 2012, adalah “Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya.” Sedangkan tema tahun ini adalah “Jangan takut, hai Maria. Engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.”

Para tamu internasional sudah berkumpul untuk “menghidupkan” peserta dengan berbagai cara. Mereka, antara lain, Uskup Agung Prowse dari Canberra, Suster Anne Flanagan dari Amerika Serikat, Pastor Wissam Mansour yang merupakan pastor orang muda dari Yordania, John Pridmore seorang bekas penjahat dari London, Mark Nimo yang berasal dari Ghana, dan JC Libiran yang mendirikan Proyek Zona Keberanian (Courage Zone) di Filipina.

Mgr Hinder berharap, iman dan harapan, baik dari OMK yang hadir dan para uskup, akan diperkuat. “Kehidupan OMK di wilayah kami tidaklah mudah, karena situasi secara umum, baik ekonomi dan apa yang sedang terjadi di dunia. Maka, saya berharap kongres ini akan memperkuat iman OMK. Dan, katakanlah juga untuk kami para uskup. Kami juga orang beriman, dan berada bersama OMK memberi kami harapan dan dinamika baru,” kata uskup itu. (PEN@ Katolik/paul c pati berdasarkan Vatican News)

OMK Arab 1OMK Arab 4OMK Arab 5

2 KOMENTAR

  1. Kalau bisa,dari pihak gereja mengirim 2 tenaga omk untuk belajar keluar negri sehingga ada pengalaman rohani lebih mendalam lagi khususnya ke negara-negara berkembang,sehingga kembali kenegaranya bisa jadi anggota OMK yg berpengalaman.

Tinggalkan Pesan