Foto bersama para rektor seminari menengah Regio MAMPU. Foto PEN@ Katolik/YM
Foto bersama para rektor seminari menengah Regio MAMPU. Foto PEN@ Katolik/YM

“Seminari menengah di Indonesia ada 39. Paling banyak ada di Regio Makassar, Amboina, Manado dan Papua (MAMPU), maka semestinya Papua dapat melahirkan banyak imam dan adik-adik semua yang masih muda-muda inilah yang nanti dipanggil. Kita manusia punya jantung, kita hidup karena jantung kita berdetak. Nah, seminari adalah jantung Gereja, maka ketika seminari itu tidak ada calon-calonnya, nanti Gereja akan mati.”

Sekretaris Komisi Seminari Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Pastor Yoseph Kristanto Pr berbicara dalam homili Misa Aksi Panggilan bagi Orang Muda Katolik (OMK) Keuskupan Agung Merauke di Gereja Katolik Paroki Santo Yoseph Bambu Pemali Merauke, 22 September 2018.

Perayaan Misa itu membuka Temu Rektor Seminari Menengah Regio MAMPU 2018 yang dilaksanakan di Rumah Bina Pankat Keuskupan Agung Merauke selama empat hari 22-25 September 2018. Misa yang dihadiri ratusan OMK itu dipimpin oleh Rektor Seminari Menengah Pastor Bonus Merauke Pastor Maternus Minarto Pr dengan konselebran Pastor Kristanto Pr dan 15 imam lain dari regio itu.

Pastor Kristanto mengajak OMK untuk mengikuti jejaknya menjadi imam. “Panggilan Tuhan itu sudah ada pada setiap orang, tinggal bagaimana panggilan itu bisa dijawab,” tegas imam itu seraya mengatakan perlunya kerelaan menjawab panggilan Tuhan.

Menurut imam itu, seminari menengah di Regio MAMPU cukup banyak, hanya saja tahbisan imam, khusus di Papua nampaknya masih sangat sedikit. Maka, imam itu berharap ada putra-putra daerah yang terpanggil melayani umat di keuskupannya masing-masing, apalagi jumlah imam diosesan di Keuskupan Agung Merauke masih sangat minim.

“Kita lihat masih ada pastor dipinjam dari Keuskupan Agung Semarang dan beberapa pastor juga dikontrak dari keuskupan lain. Kami bermimpi, Gereja Katolik di Indonesia akan semakin kaya, kalau putra-putra daerah mampu juga menyumbangkan diri untuk menjadi imam, atau bruder maupun suster,” harap Pastor Kristanto dalam Misa yang juga mendengarkan sharing pengalaman dua orang imam.

Temu Rektor Seminari Menengah ini merupakan kegiatan tahunan Komisi Seminari KWI yang memiliki lima regio, yaitu Sumatera, Jawa, Kalimantan, Nusa Tenggara dan MAMPU.(PEN@ Katolik/Yakobus Maturbongs)

Sekretaris Komisi Seminari Konferensi Waligereja Indonesia Pastor Yoseph Kristanto Pr membawakan homili Misa Aksi Panggilan bagi OMK Keuskupan Agung Merauke. PEN@ Katolik/YM
Sekretaris Komisi Seminari Konferensi Waligereja Indonesia Pastor Yoseph Kristanto Pr membawakan homili Misa Aksi Panggilan bagi OMK Keuskupan Agung Merauke. PEN@ Katolik/YM

Tinggalkan Pesan