Sabtu, Juli 27, 2024
26.1 C
Jakarta

Apa nama Sakramen inisiasi pertama?

Permandian.

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

252. Apa nama Sakramen inisiasi pertama?

Sakramen ini terutama disebut Pembaptisan karena ritus sentral yang dirayakan. Membaptis artinya ”menenggelamkan” ke dalam air. Seseorang yang dibaptis ditenggelamkan ke dalam kematian Kristus dan bangkit bersama-Nya sebagai ”ciptaan baru” (2Kor 5:17). Sakramen ini juga disebut dengan ”permandian kelahiran kembali dan pembaruan yang dikerjakan oleh Roh Kudus” (Tit 3:5), dan disebut ”penerangan” karena yang dibaptis menjadi ”anak terang” (Ef 5:8).

Bacaan lebih lanjut: Katekismus Gereja Katolik 1213-1216, 1276-1277

253. Bagaimana Sakramen Pembaptisan dipralambangkan dalam Perjanjian Lama?

Dalam Perjanjian Lama, pembaptisan dipralambangkan dalam macam-macam hal: dalam air, dilihat sebagai sumber kehidupan dan kematian; dalam bahtera Nuh, yang diselamatkan lewat air; dalam penyeberangan Laut Merah, yang membebaskan Israel dari perbudakan di Mesir; dalam penyeberangan Sungai Yordan, yang membawa Israel ke Tanah Terjanji yang menggambarkan kehidupan kekal.

Bacaan lebih lanjut: Katekismus Gereja Katolik 1217-1222

254. Siapa yang menggenapi pralambang ini?

Semua pralambang Perjanjian Lama digenapi dalam diri Yesus Kristus. Pada awal kemunculan Yesus di muka umum, Ia membiarkan Diri dibaptis oleh Yohanes Pembaptis di Sungai Yordan. Di kayu salib, darah dan air, yang merupakan lambang Sakramen Pembaptisan dan Sakramen Ekaristi, mengalir keluar dari lambung yang ditikam. Sesudah kebangkitan, Ia memberikan perutusan ini kepada para Rasul-Nya: ”Pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka atas nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus” (Mat 28:19).

Bacaan lebih lanjut: Katekismus Gereja Katolik 1223-1224

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini