Paus Fransiskus dalam sebuah Misa Kanonisasi Tempat Ziarah  Nasional Maria Dikandung Tanpa Noda di Washington  | REUTERS
Paus Fransiskus dalam sebuah Misa Kanonisasi Tempat Ziarah Nasional Maria Dikandung Tanpa Noda di Washington | REUTERS

KATEKISMUS GEREJA KATOLIK

233. Siapa yang bertindak dalam liturgi?

Dalam Liturgi, Kristus totus yang bertindak, Kepala dan Tubuh. Sebagai Imam Agung kita, Dia merayakan dengan tubuh-Nya, yaitu Gereja, baik di surga maupun di bumi.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1135-1137, 1187

234. Siapa yang merayakan liturgi surgawi?

Liturgi surgawi dirayakan oleh para malaikat, oleh para Kudus Perjanjian Lama dan Baru, secara khusus Bunda Allah, oleh para Rasul, para martir dan ”suatu kumpulan besar orang banyak yang tidak dapat terhitung banyaknya, dari segala bangsa dan suku dan kaum dan bahasa” (Why 7:9). Ketika kita merayakan misteri penyelamatan dalam Sakramen, kita mengambil bagian dalam liturgi abadi.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1138-1139

235. Bagaimana Gereja di dunia ini merayakan liturgi?

Gereja di dunia merayakan liturgi sebagai umat imami, setiap orang bertindak menurut fungsinya masing-masing dalam kesatuan dengan Roh Kudus. Orang-orang yang dibaptis menyerahkan diri mereka dalam kurban rohani, para pelayan yang ditahbiskan merayakan sesuai dengan tugas yang mereka terima bagi pelayanan seluruh anggota Gereja, para Uskup dan Imam bertindak atas nama Pribadi Kristus, sang Kepala.

Teruslah membacanya dalam Katekismus Gereja Katolik 1140-1144, 1188

Tinggalkan Pesan