29.7 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Uskup Emeritus Jayapura Mgr Hermanus Ferdinandus Maria Munninghoff OFM meninggal dunia

BERITA LAIN

More

    Munninghoff

    Uskup Emeritus Jayapura Mgr Hermanus Ferdinandus Maria Munninghoff OFM yang menyayangi orang Papua dan menyuarakan pelanggaran hak asasi manusia di Papua meninggal dunia pada usia 96 tahun di Belanda, 7 Februari 2018, setelah sakit selama sebulan.

    Uskup Emeritus Munninghoff, yang lahir di Woerden, Belanda, 30 November 1921, ditahbiskan imam tanggal 15 Maret 1953, diangkat sebagai Uskup Jayapura 6 Mei 1972, dan ditahbiskan sebagai uskup Jayapura 10 September 1972.

    Ia menjabat sebagai sekretaris Uskup Jayapura Mgr Rudolf Joseph Manfred Staverman OFM sejak 1957 hingga 1997, saat ia diangkat sebagai uskup, dan mengundurkan diri sebagai uskup Jayapura 19 Agustus 1997, dan digantikan oleh Mgr Leo Laba Ladjar OFM. Tanggal 9 Agustus 2005, uskup itu meninggalkan Papua dan tanggal 12 Agustus 2015 untuk kembali ke Belanda.

    Provinsial OFM di Jayapura Pastor Gabriel Ngga, menurut catatan Facebook dari Pastor Jost Kokoh Prihatanto,  mengunjungi Uskup Emeritus Munninghoff di rumah perawatan di Nijmegen, Belanda, dua minggu lalu. Di sana, menurut Pastor Gabriel, uskup emeritus itu sudah dirawat sekitar satu bulan karena sakit tua dan penyakit kanker yang sudah menyebar ke seluruh tubuh.

    “Ketika ditanya apakah beliau senang tinggal di rumah perawatan, beliau bilang ‘saya senang tinggal di sini, diperhatikan oleh staf di sini, tapi kematian saya sudah dekat,’” kata Pastor Gabriel seraya mengenang masyarakat Papua yang mengingat Uskup Emeritus Munninghoff sebagai pejuang hak asasi manusia yang menyuarakan pelanggaran HAM di Papua.

    Staf di Keuskupan Jayapura, Suster Laura FSGM, pernah bertemu Uskup Emeritus Munninghoff di tahun 2000. Uskup itu, jelasnya, mudah bersahabat dengan orang sekitar dan menyayangi orang Papua. (pcp)

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI