32.5 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Rabu, 26 Juli 2017

BERITA LAIN

More

    Yoakim Anna

    PEKAN BIASA XVI

    Santo Yoakim dan Santa Anna, orangtua Santa Peawan Maria (P)

    Bacaan I: Sir. 44:1. 10-15

    Mazmur: 132:11.13-14.17-18

    Bacaan Injil: Mat. 13:1617

    Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, “Berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya banyak nabi dan orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihatnya, dan ingin mendengar apa yang kamu dengar, tetapi tidak mendengarnya.”

    Renungan

    “Mereka adalah orang-orang kesayangan, yang kebajikannya tidak sampai terlupa” (Sir. 44:10). Kata-kata itu tepat untuk mengungkapkan penghormatan kepada Yoakim dan Anna, yang adalah orangtua Maria, ibu Yesus. Tradisi mengisahkan bahwa mereka tidak henti-hentinya memohon kepada Tuhan agar dikaruniai anak, hingga lahirlah Maria yang kelak mengandung Yesus Kristus, Mesias. Allah mempersiapkan kelahiran Yesus di dunia melalui orang-orang yang patut dipuji karena kesalehan dan iman mereka. Ketika bersabda, ”Berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar” (Mat. 13:16), Yesus mengacu kepada mereka yang telah dipakai oleh Allah untuk mendatangkan keselamatan bagi umat manusia di muka bumi. Orang-orang yang mau bekerja sama dengan rencana Allah ini pantas disebut ’berbahagia’ karena telah diizinkan melihat dan mendengar bagaimana firman Allah benar-benar terlaksana dalam sejarah melalui diri mereka.

    Apakah kita juga pantas disebut ’berbahagia’ karena bersedia dipergunakan Tuhan dalam rencana penyelamatan-Nya? Kita, dengan panggilan dan jalan hidup masing-masing, diundang untuk setia melakukan kebajikan dan karenanya menjadi orang-orang kesayangan Tuhan yang selalu siap ketika dibutuhkan.

    Tuhan, Engkau memerlukan peran serta manusia dalam pemenuhan janji kese­lamatan-Mu. Semoga aku dengan sukacita mempersiapkan dan menyediakan diri untuk Kaupergunakan sesuai dengan rencana-Mu. Amin.

    Renungan Ziarah Batin 2017

     

    RELASI BERITA

    Tinggalkan Pesan

    Please enter your comment!
    Please enter your name here

    - Advertisement -spot_img

    BERITA TERKINI