fatima16-3seers

Paus Fransiskus mengumumkan tanggal 20 April 2017 bahwa dua anak gembala muda dari Fatima, Francisco dan Jacinta Marto akan dikanonisasikan atau digelari kudus dalam kunjungan pastoral yang akan datang ke kota Portugis itu tanggal 13 Mei 2017.

Dalam konsistori publik biasa di Vatikan, Paus mengumumkan kanonisasi sebanyak 35 orang, mayoritas adalah para martir Amerika Latin abad ke-16 dan 17. Mereka antara lain 30 imam dan umat awam Brasil yang dibunuh oleh tentara Belanda karena menolak masuk aliran Calvinisme saat kolonisasi di Brasil bagian timur laut tahun 1645. Tiga martir lainnya adalah anak laki-laki muda Meksiko, yang dididik oleh misionaris Fransiskan dan dibunuh karena mereka menolak mengikuti agama asli setempat.

Orang-orang kudus yang baru juga termasuk seorang imam Spanyol, yang mendirikan sebuah lembaga untuk anak-anak terlantar pada pergantian abad ke-20, serta seorang biarawan Capuchin dari Naples yang membela hak-hak kaum miskin di awal abad ke-18.

Namun yang pasti, nama-nama terkenal dalam daftar yang diumumkan hari Kamis itu sebagai santo dan santa adalah Francisco dan Jacinta Marto, anak-anak gembala warga Portugis, yang bersama sepupu mereka Lucia Santos melihat penampakan Bunda Maria di Fatima tepat seratus tahun yang lalu.

Tidak seperti Lusia, yang menjadi biarawati dan hidup sampai usia 98, Francisco dan Jacinta meninggal di masa kecil, baru berusia 9 dan 11 tahun, akibat wabah flu yang besar melanda Eropa pada tahun 1918. Tanggal 13 Mei tahun 2000, kedua gembala itu dibeatifikasi oleh Paus Yohanes Paulus II saat melakukan kunjungan pastoral ke Portugal.

Sementara itu, tahap pertama proses beatifikasi Suster Lucia sudah berakhir di Portugal awal tahun ini dan sekarang sedang diperiksa di Kongregasi Penggelaran Kudus di Vatikan.(pcp berdasarkan Radio Vatikan)

 

2 KOMENTAR

  1. Salam dan terimakasih utk informasi aktual, khususnya ttg kanonisasi Fransisko dan Jacinta dari Fatima. Dua Santo dan Santa cilik, doakanlah kami.

Tinggalkan Pesan