fishers_of_men_zoom_777

MASA ADVEN I
Pesta Santo Andreas, Rasul (M)

Bacaan I: Rm. 10:9-18

Mazmur: 19:2-3.4-5; R: 5a

Bacaan Injil: Mat. 4:18-22

Pada suatu hari, ketika Yesus sedang berjalan menyusur danau Galilea, Ia melihat dua orang bersaudara, yaitu Simon yang disebut Petrus, dan Andreas, saudaranya. Mereka sedang menebarkan jala di danau, sebab mereka penjala ikan. Yesus berkata kepada mereka: ”Mari, ikutlah Aku, dan kamu akan Kujadikan penjala manusia.” Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia. Dan setelah Yesus pergi dari sana, dilihat-Nya pula dua orang bersaudara, yaitu Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya, bersama ayah mereka, Zebedeus, sedang membereskan jala di dalam perahu. Yesus memanggil mereka dan mereka segera meninggalkan perahu serta ayahnya, lalu mengikuti Dia.

Renungan

Santo Andreas Rasul adalah salah seorang dari murid-murid pertama yang dipanggil Yesus untuk ambil bagian dalam karya perutusan-Nya. Ia dipanggil untuk mengikuti Yesus dan dijadikan penjala manusia (bdk. Mat. 4:19). Panggilan kemuridan menuntut kesediaan mendengar dan melepaskan diri dari segala keterikatan dan kemapanan agar siap sedia dalam tugas perutusan. Pilihan dan panggilan kemuridan bukan didasarkan pada status dan prestise melainkan pada keterbukaan, kesederhanaan, dan ketulusan untuk mau menjawab tawaran yang Tuhan berikan. Konsekuensi kemuridan ini menuntut setiap orang untuk berani meninggalkan segalanya. ”Lalu mereka pun segera meninggalkan jalanya dan mengikuti Dia” (Mat. 4:20).

Setiap orang dipanggil kepada keselamatan. Setiap orang dipanggil untuk terlibat dalam misi dan karya Allah bagi keselamatan dunia. Keterlibatan dalam karya keselamatan Allah tidak terbatas untuk orang tertentu dan tempat tertentu saja. Juga tidak hanya untuk manusia tetapi juga untuk seluruh dunia ciptaan-Nya. Keselamatan Allah bersifat universal dan berlangsung terus-menerus. Kita pun dipanggil untuk mewartakan dan membawa sukacita karya keselamatan Allah kepada semua orang dan segala makhluk. ”Betapa indahnya kedatangan mereka yang membawa kabar baik” (Rm. 10:15b). Semoga kehadiran kita pun menjadi sukacita bagi semua makhluk.

Ya Tuhan Yesus Kristus, seperti Santo Andreas Rasul-Mu, jadikanlah aku juga pembawa damai dan kabar sukacita keselamatan-Mu sehingga semakin banyak orang mengenal dan mencintai Engkau. Amin.

Tinggalkan Pesan