12070002556_6a8357faca_b

Pada Pesta Santa Agnes tanggal 21 Januari 2014, dua ekor anak domba, yang sudah diberkati di pagi harinya di sebuah basilika di Jalan Nomentana, Roma, tempat orang kudus itu dimakamkan, diberikan kepada Paus Fransiskus. Nama basilika itu adalah Basilika Santa Agnes.

Wol dari domba-domba itu akan digunakan untuk menenun Pallium untuk para uskup agung metropolitan yang baru. Mereka akan menerima Pallium itu tanggal 29 Juni, Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, demikian laporan Zenit.org dan Radio Vatikan.

Pallium, atau selempang putih yang dihiasi enam salib hitam, adalah pakaian liturgis yang dikenakan Paus dan para uskup agung metropolitan di gereja-gereja mereka dan di gereja-gereja dari provinsi-provinsi mereka.

Pallium-pallium disimpan dalam kotak-kotak khusus yang diletakkan di Confessio Petri (Makam Santo Petrus). Penganugerahan Pallium-Pallium itu kepada para agung baru metropolitan itu dilakukan oleh Paus pada Hari Raya Santo Petrus dan Paulus, sebagai tanda persatuan dengan Takhta Apostolik.

Domba-domba itu dipelihara oleh para biarawati dari biara San Lorenzo di Jalan Panisperna, Roma. Sesuai Kanon Lateran, domba-domba itu mereka berikan kepada Paus pada hari Pesta Santa Agnes, yang mati sebagai martir di Roma tahun 305. Secara tradisional, Santa Agnes digambarkan selalu bersama seekor anak domba.(pcp)***

pallium_juin2012

Tinggalkan Pesan