Joseph FX Zahra terpilih sebagai ketua Komisi Kepausan uintuk Referensi Organisasi struktur akononi-admistrasi. httpvassallomalta.wordpress.com

 

Lewat tulisan tangan (khirograf) tertanggal 18 Juli 2013, Paus Fransiskus membentuk Komisi Kepausan untuk Referensi Organisasi struktur ekonomi-administrasi dari Tahta Suci, demikian rilis Sekretariat Negara Vatikan seperti dilaporkan oleh Zenit, 19 Juli 2013.

Komisi itu akan mengumpulkan informasi, melaporkan kepada Bapa Suci dan bekerja sama dengan Dewan Kardinal untuk mempelajari masalah organisasi dan ekonomi Tahta Suci, guna merancang reformasi lembaga-lembaga Tahta Suci. Tujuannya adalah “penyederhanaan dan rasionalisasi badan-badan yang ada dan perencanaan lebih cermat dari kegiatan ekonomi segenap Administrasi Vatikan.”

Sebagaimana dijelaskan dalam khirograf itu, Komisi itu akan “memberikan bantuan teknis berupa nasehat dari para spesialis dan mengembangkan solusi strategis untuk perbaikan, sehingga penyalahgunaan sumber daya ekonomi terhindari, transparansi dalam proses pembelian barang dan jasa meningkat, administrasi barang yang bergerak dan tidak bergerak diperbaiki.”

Selain itu “pekerjaan di bidang keuangan dijalankan dengan kehati-hatian yang semakin besar, prinsip akuntansi menggunakan aplikasi yang benar, dan ada jaminan kesehatan dan keamanan sosial bagi mereka yang pantas menerimanya.”

Berdasarkan permintaan, komisi bisa berkolaborasi dengan Kelompok Kardinal yang terdiri dari delapan orang dalam menyusun rencana untuk reformasi Konstitusi Apostolik “Pastor Bonus” di Kuria Romawi.

Maksud dan pengangkatan komisi dijelaskan secara rinci dalam khirograf itu sendiri.

Anggota-anggota komisi itu adalah orang awam, para ahli dalam “persoalan hukum, ekonomi, keuangan dan organisasi,” konsultan-konsultan terkemuka saat ini atau peninjau Vatikan atau lembaga-lembaga ekonomi gerejawi. Satu-satunya anggota klerus adalah sekretaris komisi itu.

Delapan anggotanya adalah:

Dr Joseph FX Zahra (Malta), Presiden (ekonom dari Malta ini kami tampilkan dalam foto berita ini)

Mgr Lucio Malaikat Vallejo Balda (Sekretaris Prefektur untuk Urusan Ekonomi), Sekretaris

Jean-Baptiste de Franssu (Perancis)

Dr Enrique Llano (Spanyol)

Dr Jochen Messemer (Jerman)

Francesca Immacolata Chaouqui (Italia)

Jean-Videlain Sevestre (Perancis)

George Yeo (Singapura)

Dr Zahra dan Dr Messemer adalah peninjau internasional dari Prefektur Urusan Ekonomi Tahta Suci.

Komisi itu akan mulai bekerja sesegera mungkin. Pertemuan pertama dijadwalkan segera setelah Bapa Suci kembali dari Brasil.

Bapa Suci berharap terjalin kolaborasi yang penuh suka cita dan produktif antara komisi itu serta Administrasi Vatikan yang terkait dengan pekerjaannya.***