Jumat, Oktober 18, 2024
32.6 C
Jakarta

Museum Vatikan Mengungkap Patung Ikonik Apollo Belvedere Setelah Direstorasi

VATIKAN, Pena Katolik – Museum Vatikan minggu ini mengungkap salah satu akuisisi paling terkenalnya, “Apollo Belvedere,” setelah bertahun-tahun direstorasi secara intensif oleh Pelindung Seni di Museum Vatikan (PAVM) pada patung marmer kuno tersebut.

Setelah penemuan patung tersebut di Roma pada tahun 1489, Paus Julius II meminta Apollo Belvedere untuk dibawa ke Vatikan pada awal abad ke-16 untuk menjadi bagian dari koleksi kepausan yang dikenal sebagai Halaman Patung di Belvedere, yang menyoroti asal-usul mistis Roma kuno.

Monsignor Terence Hogan, koordinator PAVM dan seorang pendeta dari Keuskupan Agung Miami, mengatakan restorasi Apollo Belvedere “penting karena memberi kita wawasan tentang sejarah awal Roma” sebelum munculnya agama Kristen.

“Ini memberi kita wawasan tentang budaya dan juga iman dan sejarah,” kata Hogan dalam sebuah wawancara dengan EWTN News. “Kami [Museum Vatikan] adalah museum tertua di dunia, sehingga orang-orang dari seluruh dunia kini dapat menghargai iman, seni, sejarah, dan budaya selama berabad-abad.”

Pemugaran Apollo Belvedere, yang diarahkan oleh Departemen Purbakala Yunani dan Romawi Museum Vatikan, menghadapi beberapa tantangan sebelum peresmiannya pada 15 Oktober, termasuk merebaknya pandemi COVID-19 pada Desember 2019, yang menunda proyek tersebut.

“Kami tutup pada Malam Natal 2019; namun, pengerjaan patung yang sebenarnya — antara proyek penelitian dan studi serta pemugaran yang sebenarnya — baru berjalan selama dua tahun,” kata Claudia Valeri, kurator departemen purbakala Yunani dan Romawi.

“Keindahan patung ini tak terhingga karena merupakan patung ikonik di antara patung-patung klasik,” tambahnya.

Menurut Valeri, penemuan arkeologi penting di Naples utara pada 1950-an menemukan kembali cetakan plester asli dari tangan kiri Apollo Belvedere yang hilang.

Cetakan tersebut digunakan oleh tim restorasi Vatikan untuk membuat tiruan marmer dari tangan yang kini terlihat pada patung yang baru diresmikan.

Valeri juga mengatakan analisis studi lebih lanjut terhadap patung dewa Romawi kuno tersebut menunjukkan bahwa patung marmer serba putih itu dulunya memiliki rambut emas.

“Analisis mendeteksi jejak emas. Kami membayangkan rambut Apollo berwarna emas, dan dari cara penyair Yunani menggambarkannya kepada kami sebagai ‘Apollo yang bersinar’,” kata Valeri kepada EWTN News.

Hampir 500 tahun telah berlalu sejak pekerjaan restorasi terakhir dilakukan oleh pematung dan arsitek Italia Giovanni Angelo Montorsoli antara tahun 1532 dan 1533.

Komentar

Tinggalkan Pesan

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terhubung ke Media Sosial Kami

45,030FansSuka
0PengikutMengikuti
75PengikutMengikuti
0PelangganBerlangganan

Terkini